Rabu, 19 Agustus 2020

CARA SEDERHANA ATASI SAKIT TENGGOROKAN


Sakit tenggorokan yang biasanya disebabkan virus dan/atau bakteri terkadang memang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, pada beberapa kasus, sakit tenggorokan sebenarnya bisa disembuhkan dengan obat yang aman, murah, mudah dan tanpa efek samping, yakni bahan-bahan yang ada di dapur.
Dikutip dari Medindia, inilah obat yang berasal dari bahan-bahan di dapur rumah yang dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.
1.    Teh jahe. Kita bisa menambahkan satu inchi potongan jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga 5 menit. Kemudian, campurlah dengan teh yang telah dibuat sebelumnya.
2.    Teh chamomile. Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantong teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, kita bisa menambahkan madu.
3.    Kumur dengan campuran kunyit, air dan garam. Ini adalah obatrumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapaur. Campurkan satu sendok teh garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4.    Kemangi. Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya selagi hangat. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan membaik.
5.    Madu dan lemon. Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan lemon dan satu sendok makan madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sendok makan madu tanpa tambahan air juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun.
6.    Menghirup uap. Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan kita. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tetapi juga sesekali melalui mulut.
7.    Permen pelega tenggorokan. Permen pelega tenggorokan dapat menenangkan tenggorokan dengan menjaganya agar tetap lembab. Namun hindari pemberian permen ini untuk anak di bawah umur 4 tahun karena bisa membuat mereka tersedak.
8.    Sup. Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup. Misalnya, sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan kita mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.
9.    Inhaler. Gunakan minyak esensial yang dimiliki di rumah sebagai inhaler. Misalnya, lavender, thyme, cendana atau minyak kayu putih.
10. Istirahat. Perbanyak istirahat dan minumlah banyak cairan yang bisa menjaga kelembaban serta menenangkan tenggorokan. Selain itu, cairan juga dapat menghilangkan bakteri yang tersisa di tenggorokan. Hal lain yang tak kalah penting, jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya.
DEMIKIANLAH 10 cara mudah dan murah untuk mengatasi sakit tenggorokan, tanpa menggunakan obat medis. Jika semua cara di atas sudah ditempuh dan belum mendatangkan hasil, tidak salah jika kita berkonsultasi kepada dokter.
diambil dari tulisan 7 tahun lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar