Rabu, 15 Juli 2020

DEVOSI KEPADA SANTO YUDAS TADEUS

Hidup selalu dipenuhi dengan masalah. Ada yang kecil ada pula yang besar. Datangnya pun tidak pernah diduga. Terkadang menghadapi permasalahan dalam hidup, kita sering kehilangan akal dan bahkan iman. Tak jarang, ketika masalah tak selesai, kita menyalahkan Tuhan; mengatakan bahwa Dia tidak peduli kepada kita.
Tuhan tak pernah meninggalkan kita, bahkan di saat kita menghadapi masalah. Tuhan juga menyediakan untuk kita “asisten” yang siap membantu kita, “bagaikan awan yang mengelilingi kita” (Ibr 12: 1). Salah satunya adalah Santo Yudas Tadeus. Berhadapan dengan masalah, tak salah jika kita datang memohon bantuan pada St. Yudas Tadeus. Berikut ini adalah langkah-langkah doanya.

Tanda Salib
Aku Percaya
Bapa Kami
Salam Maria
Kemuliaan Singkat
Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Seperti pada permulaan sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.
Terpujilah Keluarga Kudus
Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosef. Sekarang dan selama-lamanya. Amin.
Novena Santo Yudas Tadeus
Rasul yang amat suci Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia. Gereja semesta menghormati dan memohon padamu sebagai penolong dari masalah-masalah yang tampaknya tidak ada jalan keluarnya.
Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong. Aku mohon padamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan kepadamu untuk memberikan kepadaku bantuan nyata dan sesegera mungkin di saat aku merasa bahwa bantuan itu hampir tidak ada.
Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan surgawi atas semua kebutuhan, masalah dan penderitaanku, khususnya ........... (sebutkan permintaan anda) dan sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya.
Aku berjanji, oh Santo Yudas Tadeus, untuk selalu mengingat bantuan besar ini, untuk selalu menghormatimu sebagai rasul yang istimewa dan perkasa, dan untuk meningkatkan devosi kepadamu. Amin.
Semoga Hati Yesus yang mahakudus selalu dihormati, dicintai di semua tabernakel sampai akhir jaman. Amin.
Semoga Hati Yesus yang mahakudus selalu dihormati, dan dimuliakan sekarang dan selama-lamanya. Amin.
Terberkatilah Hati Kudus Yesus,
Terberkatilah Hati Maria yang tak bernoda,
Terberkatilah Santo Yudas Tadeus di seluruh bumi dan selalu sepanjang masa. Amin.
Kemuliaan singkat
Terpujilah Keluarga Kudus
Tanda salib

V

DEMIKIANLAH doa devosi kepada St. Yudas Tadeus. Ucapkanlah doa novena ini pada saat Anda menghadapi masalah besar dan kehilangan semua bantuan yang ada atau tidak menemukan jalan keluar atas masalah tersebut. Doa novena ini sebaiknya didoakan 6 kali sehari selama 9 hari berturut-turut.
Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan beberapa keutamaan yang harus dibangun ketika hendak berdoa. Keutamaan berdoa yang perlu diperhatikan adalah:
1.    “Berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan” (1Tim 2: 8);
2.    “Berdoa dengan tidak jemu-jemu” (Luk 18: 1);
3.    Berdoa bukan untuk pamer agar dilihat dan dipuji orang (bdk. Mat 6: 5 – 6);
4.    “Jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang” (Mrk 11: 25);
5.    Janganlah berdoa hanya untuk memuaskan keinginan pribadi kita (bdk. Yak 4: 3);
6.    Membangun sikap iman, sikap berserah diri kepada kehendak Tuhan (bdk. Mrk 14: 36, Mat 26: 42);
7.    Berdoa dengan sikap rendah hati (bdk. Luk 18: 13).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar