Rabu, 01 April 2020

PAUS FRANSISKUS: SAAT HIDUPMU TERASA BERAT, PERGILAH KEPADA BUNDA MARIA

Tak dipungkiri bahwa setiap kita mempunyai beban hidup yang berbeda-beda. Terkadang beban yang datang berat sekali dan sulit ditanggung. Katekese Paus Fransiskus ini kiranya dapat membantu. Katekese ini bersumber dari kisah perkawinan di Kana (Yoh. 2: 1 – 11). Ada 3 hal utama dari katekese Paus Fransiskus terkait makna bacaan tersebut.
1.  Pergilah dan beri tahu ibu
Paus Fransiskus mengatakan, “Saya ingin mengaris-bawahi pengalaman yang pasti banyak dari kita miliki dalam hidup. Saat kita berada dalam situasi yang sulit, saat terjadi masalah yang kita tidak tahu bagaimana menyelesaikannya, saat kita sering merasa cemas dan sedih, saat kita kurang bersuka-cita, pergilah kepada Bunda Maria dan berkata: ‘Kami tidak mempunyai anggur. Anggur telah habis; lihatlah bagaimana aku; lihat hatiku, lihat jiwaku.’ Beri tahu ibu.”
Datang kepada Bunda Maria dan sampaikanlah permasalahan kita. Memang Bunda Maria tidak secara langsung membantu, namun dia akan menyampaikan persoalan kita kepada Puteranya. “Dia akan pergi kepada Yesus dan berkata: ‘Lihat ini, lihat ini; dia tidak punya anggur.’ Dan kemudian dia akan kembali kepada kita dan berkata kepada kita, ‘Apapun yang Dia katakan kepadamu, lakukanlah’.” jelas Paus Fransiskus.

2.  Dengar dan praktekkan
Kalau kita setia mendengar apa yang Dia katakan dan melakukannya sesuai dengan perkataan tersebut maka kita akan beroleh sukacita. Ingat pesan Bunda Maria, ‘Apapun yang Dia katakan kepadamu, lakukanlah.’ Menurut Paus Fransiskus ini adalah rekomendasi yang sangat sederhana dari Bunda Maria. Tinggal kita jalankan nasehatnya itu.
3.  Yesus mengatakannya lewat apa?
Yesus mengatakan apa yang harus kita lakukan lewat pengalaman hidup harian atau juga lewat sesama. Pengalaman perjumpaan dengan sesama bisa membantu kita untuk menemukan solusi atas kesulitan yang kita alami dan hadapi.
Selain itu, Yesus juga dapat mengatakannya melalui doa pribadi, perayaan-perayaan Gereja, pun melalui sakramen yang kita terima. Karena itu, jangan jauhkan dirimu dari Gereja. “Percayakan diri kita kepada Firman dan Sakramen untuk mengalami rahmat Tuhan dalam hidup kita,” nasehat Paus Fransiskus.
diolah kembali dari Katolik Pedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar