Rabu, 11 Desember 2019

TIPS MENJAGA MATA DARI GANGGUAN PENGLIHATAN


Mata merupakan salah satu indra tubuh yang paling penting. Orang bisa saja kehilangan indra pendengaran, yang pasti juga berdampak pada hilangnya kemampuan berkomunikasi, atau indra lainnya. Tapi tidak dengan mata. Kehilangan indra penglihatan membuat seseorang tidak dapat menikmati keindahan alam ciptaan atau menyaksikan kejadian-kejadian luar biasa.
Karena begitu penting dan berharganya, maka sangat dianjurkan untuk menjaga dan merawatnya. Membiasakan diri untuk melakukan beberapa kebiasaan sehat saat ini tentu akan bermanfaat di masa mendatang. Apalagi seiring bertambahnya usia, resiko terkena beberapa penyebab umum kebutaan, termasuk katarak, glaukoma dan degenerasi makula terkait usia akan meningkat.
Untuk itu, beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dan melindungi penglihatan harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.
1.    Konsumsi Vitamin
Penelitian mendukung bahwa sejumlah nutrisi dapat membantu melindungi penglihatan. Demikian ungkap dokter mata Kristi Stalker. Vitamin yang termasuk adalah:
Vitamin A. Antioksidan ini sangat penting untuk proses penglihatan dan membantu melindungi permukaan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam dan akhirnya bisa menjadi kebutaan permanen. Banyak makanan hewani mengandung vitamin A tinggi, termasuk hati, minyak ikan dan keju, tetapi tubuh dapat memproduksi vitamin A dari karotenoid yang ditemukan dalam sayuran seperti ubi jalar, sayuran hijau berdaun dan wortel.
Vitamin CDitemukan dalam banyak buah dan sayuran termasuk brokoli, jeruk bali, stroberi dan jeruk. Antioksidan ini membantu menurunkan resiko katarak.
Vitamin EPenelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat memperlambat kerusakan penglihatan karena degenerasi makula terkait usia. Vitamin E bisa didapat dari biji bunga matahari, kacang-kacangan, alpukat dan minyak nabati.
LuteinLutein ditemukan dalam jumlah tinggi dalam sayuran hijau berdaun; diklaim dapat menyaring cahaya biru berbahaya yang masuk ke mata dan membatasi kerusakan pada retina.
2.    Lindungi Mata dari Sinar Matahari
Banyak orang rajin mengoleskan tabir surya sebelum pergi ke luar untuk melindungi kulit mereka – begitu pun dengan mata. Jika hendak penglihatan terjaga, maka lindungilah mata dari sinar matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat merusak bagian depan dan belakang mata dan berkontribusi pada sejumlah masalah yang menyebabkan kehilangan penglihatan, termasuk katarak, degenerasi makula hingga kanker mata. Salah satu cara sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Pilihlah sepasang kacamata hitam berkualitas baik yang dapat ‘membungkus’ area mata, dan pastikan lensanya memberikan perlindungan spektrum UV 100%.
3.    Terapkan Aturan 20/20/20
Menatap layar komputer, ponsel atau tablet selama berjam-jam setiap hari membuat mata tegang (sindrom penglihatan komputer adalah hal yang nyata). Dr. Stalker merekomendasikan aturan 20/20/20, yakni beristirahat selama 20 detik setiap 20 menit untuk melihat ke arah pandang sejauh 20 kaki. Hal ini untuk membuat mata rileks dan membiarkan mata berkedip. Berkedip merupakan cara melumasi mata. Karena itu, jika tidak berkedip tentu akan membuat mata terasa kering. Stalker menganjurkan untuk memakai obat tetas mata yang dijual bebas empat kali sehari, jika mata kering sudah mengganggu.
4.    Kunjungi Dokter Mata secara Berkala
Kunjungi dokter mata sebagai bagian dari rutinitas perawatan pencegahan tahunan – dan bukan hanya untuk mengetahui apakah ada perubahan pada resep kacamata. Dengan pemeriksaan mata yang komprehensip, dokter dapat mendeteksi tanda-tanda awal penyakit mata seperti glaukoma dan degenerasi makula yang mungkin gejalanya belum muncul. Kondisi ini lebih baik dirawat lebih dini untuk meminimalkan atau memperlambat kehilangan penglihatan.
Selain itu, mata dapat menyimpan petunjuk aspek lain dari kesehatan tubuh. Terkadang tanda-tanda kondisi serius seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi mata sedemikian rupa, sehingga dokter mata dapat melihat selama pemeriksaan rutin. Jadi, hanya karena kondisi mata tidak mengganggu sekarang bukan berarti kita harus mengabaikannya.
DEMIKIANLAH empat tips untuk menjaga dan merawat mata. Melakukan langkah-langkah kecil seperti mengatur waktu layar, melindungi mata dari sinar matahari, dan memenuhi kebutuhan nutrisi akan membuat mata berterima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar