Senin, 28 Oktober 2019

BAHAN PERSIAPAN BAPTIS BAYI

Dari dalam Kitab Hukum Kanonik kita dapat mengetahui bahwa sakramen baptis dibutuhkan untuk keselamatan, karena dengannya setiap manusia dibebaskan dari dosa (bdk. Kan. 849). Dengan kata lain, dapatlah dikatakan bahwa sakramen baptis merupakan tawaran keselamatan dari Allah kepada manusia; dan tawaran itu bersifat gratis.
Mengingat manfaatnya itu, maka Gereja mengajak para orangtua untuk membaptis anaknya tak lama sesudah kelahiran. Hukum Gereja menyebutkan pada minggu-minggu pertama (Kan. 867, §1). Sifat segera ini bukan lantas berarti tidak perlunya persiapan dengan atau dalam bentuk pembinaan. Dalam Kanon dikatakan agar orangtua dari kanak-kanak yang hendak dibaptis, termasuk juga para wali baptis, perlu dipersiapkan (Kan. 851, 2).
Sering menjadi persoalan pastoral di paroki-paroki adalah keterbatasan bahan persiapan. Umumnya paroki hanya mempunyai 1 bahan saja, dan bahan tersebut dipakai untuk mempersiapkan orangtua yang bayinya akan menerima sakramen baptis. Menjadi persoalan adalah ketika berhadapan dengan orangtua yang memiliki lebih dari 2 anak. Mereka akan berhadapan dengan materi persiapan yang “itu-itu” saja.
Untuk mengatasi hal tersebut, Paroki St. Carolus Boromeus Ujung Beting mempersiapkan 3 bahan persiapan untuk orangtua yang anaknya akan dibaptis. Sebenarnya ada 4, dimana satu bahan diambil dari Keuskupan Padang (maklum, parokusnya mantan misionaris di sana). Terbuka kemungkinan juga bahan dari sumber lainnya. Dengan bahan-bahan yang ada sekarang ini, maka orangtua tidak akan menghadapi materi ajar yang “itu-itu” saja.
Untuk mendapatkan 2 bahan persiapan yang dirancang Paroki St. Carolus Boromeus, silahkan download Modul AModul B dan juga Modul C. Semua bahan ini dalam bentuk pdf. Jika ingin yang bentuk word, silahkan hubungi kami. Semoga bahan ini dapat berguna bagi mempersiapkan orangtua dalam usaha dan perjuangan mereka dalam melaksanakan kewajibannya, yang terkait dengan sakramen baptis yang diterima anaknya.
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar