Kamis, 11 April 2019

CARA MUDAH MERAWAT BATREI HP

Dewasa kini manusia sudah tak bisa lepas dari HP. Apalagi yang jenisnya smartphone. Sepertinya HP menjadi salah satu benda yang wajib dibawa kemana pun kita pergi (mungkin kecuali saat mandi). Akan tetapi, pernahkah kita tahu bahwa nyawa HP itu ada pada batrei? Dan sudahkah kita paham bagaimana merawatnya? Sekedar  diketahui saja, dengan merawat batrei, berarti kita menunjukkan rasa sayang kepada HP kita.
Berikut ini beberapa cara untuk merawat batrei HP kita. Setidaknya ada tujuh hal yang tidak boleh kita lakukan terhadap HP kita.
1.   Jangan mengisi ulang saat batrei sudah 0%. Kebiasaan ini akan mengurangi umur batrei. Charge-lah HP kita ketika daya batrei masih tinggal sedikit.
2.   Smartphone baru tidak perlu harus di-­charge sampai 100%. Dewasa kini bahan batrei smartphone menggunakan lithium ion yang memampukan HP dapat langsung digunakan tanpa perlu di-charge hingga 100%. Jadi, ketika kita beli HP baru, dimana jenis batreinya itu lithium ion, kita dapat langsung menggunakannya. Tunggu saat daya batreinya sudah menipis, barulah kita men-charge.
3.   Jangan menggunakan smartphone (HP) saat sedang di-charge. Kebiasaan ini akan mengurangi umur batrei dan membuat proses pengisian daya makin lama. Karena itu, matikanlah HP kita saat sedang di-charge.
4.   Jangan pernah menggunakan sembarangan alat charge. Biasanya ketika kita membeli HP, penjual langsung memberi sekalian dengan alat charge. Charge yang berbeda dengan tipe ponsel dapat memiliki arus listrik dan tegangan yang berbeda. Kebiasaan menggunakan charge yang bukan pasangan ponsel akan merusak kualitas batrei HP.

5.   Jangan terlalu sering menggunakan power bank. Perlu diketahui bahwa fungsi power bank hanyalah di saat darurat atau kondisi terdesak. Karena itu, jangan biasakan HP kita selalu menerima daya dari power bank. Menggunakan power bank sama saja dengan menggunakan sembarangan charge.
6.   Jangan sering mengisi daya di mobil. Sama seperti power bank, mengisi daya di mobil hanya untuk situasi mendesak saja. Alasannya adalah bahwa arus listrik yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan batrei smartphone. Tentulah hal ini akan merusak kualitas batrei.
7.   Jangan pernah mengisi daya smartphone sepanjang malam. Memang smartphone mempunyai fitur yang mampu memutuskan arus listrik ketika batrei sudah terisi penuh. Namun jika kondisi batrei yang masih terhubung ke charge masih aktif, artinya masih ada arus listrik yang mengalis. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas batrei.
Demikian tujuh cara merawat batrei smartphone kita. Dengan melakukan ketujuh cara tersebut pastilah smartphone kita akan bertahan lama. Semoga informasi ini dapat berguna.
diambil dari majalah Intisari, Maret 2019, hlm 46 – 47.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar