Sabtu, 13 April 2019

ALLAH TRITUNGGAL TIDAK SAMA DENGAN TRITEISME


Jeremy Tailor, seorang penulis spiritual berkebangsaan Inggris, pernah berkata, “Agama yang tanpa misteri adalah agama tanpa Allah.” Di sini sepertinya mau dikatakan bahwa jika tanpa misteri, agama itu hanyalah agama buatan manusia. Agama katolik jelas merupakan agama Allah, karena di dalamnya terkandung banyak misteri iman. Salah satunya adalah Tritunggal Mahakudus.
Tema inilah yang diangkat blog budak-bangka enam tahun lalu, persisnya pada 13 April 2013 lewat tulisan dengan judul “Memahami Allah Tritunggal”. Tulisan ini diambil dari tulisan DR Petrus M Handoko, CM, yang ada di situs media katolik, yakni hidupkatolik.com. Tulisan tersebut berangkat dari permintaan penjelasan dari seorang umat yang mendapat pertanyaan dari rekannya muslim. Memang, ajaran tritunggal ini sering menjadi momok bagi umat katolik. Karena ajaran tritunggal ini, umat katolik dan umat Kristen pada umumnya disebut kafir oleh umat islam.
Tulisan enam tahun lalu itu bukanlah merupakan ulasan teologis, melainkan sebuah ulasan praktis. Bahasa yang digunakan pun sangat sederhana sehingga pembaca awam dapat dengan mudah menikmatinya. Sungguh tulisan tersebut sangat menarik. Yang membuatnya menarik adalah penulis mengaitkan dengan sumber islam sendiri, sehingga tulisan ini tidak hanya berguna bagi umat katolik dan protestan saja, melainkan juga bagi umat islam. Nah, untuk mengetahui jawabannya langsung saja klik dan baca di sini. Selamat membaca!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar