Kamis, 24 Januari 2019

PROBLEMATIK HUKUMAN MATI


Setiap orang yang berbuat salah atau tindak kriminal wajib mendapat hukuman. Untuk sampai pada sanksi hukuman pun harus melalui proses hukum. Orang tidak boleh menjatuhkan hukuman tanpa melalui proses hukum, karena hak setiap manusia dilindungi oleh hukum.
Sanksi hukuman atas tindak kejahatan selalu mempunyai gradasi, mulai dari hukuman ringan hingga hukuman berat. Sanksi hukuman paling berat adalah penjara seumur hidup atau hukuman mati. Banyak orang, ketika mengalami tindak kejahatan atau salah satu anggota keluarganya menjadi korban kejahatan tindak kejahatan, selalu menginginkan supaya pelaku kejahatan dihukum seberat-beratnya. Tak jarang juga ada yang langsung menyebutkan hukuman mati.
Tulisan “Menyoal Hukuman Mati” mau memberi perspektif lain dalam menyikapi hukuman mati. Tulisan ini merupakan jawaban atau tanggapan atas tulisan Hikmahanto Juwana di Harian Kompas dengan judul “Narkoba dan Hukuman Mati”. Penulis menyajikan tulisan dengan sederhana, namun cukup reflektif sehingga dapat memberikan pencerahan bagi pembaca. Lebih lanjut mengenai tulisan ini silahkan baca di sini. Selamat membaca!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar