Jumat, 08 Desember 2017

PAUS FRANSISKUS: JIKA MAU DUNIA SUKSES, CIPTAKAN HIDUP YANG LEBIH ADIL


Jangan jatuh karena daya pikat uang yang bisa memperbudak dan mengasingkan diri seperti sekte, demikian ungkap Paus Fransiskus kepada siswa-siswi sekolah bisnis. “Dan penting juga bahwa Anda bisa belajar kekuatan dan keberanian hari ini untuk tidak secara membabi buta tunduk pada kekuatan tangan pasar yang tak terlihat.”
Hal tersebut diutarakan Paus Fransiskus di Vatikan di hadapan sekelompok pelajar dari sebuah sekolah katolik swasta, Institution des Chartreux, pada 19 Oktober 2017. Mereka sedang mempersiapkan diri untuk pendidikan tinggi di bidang bisnis dan keuangan.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa dia senang mereka menerima pendidikan yang menyentuh dimensi kehidupan “manusia, filosofis dan spiritual” dan mengatakan bahwa aspek-aspek ini penting untuk kehidupan pofesional masa depan mereka. “Belajarlah untuk tetap bebas dari daya pikat uang dan perbudakan” yang menimpa orang-orang yang “mengubahnya menjadi sekte.”
Paus meminta mereka untuk mempromosikan dan lebih membela keadilan dan untuk mengelola sumber daya dunia secara memadai dan adil. “Anda bisa menentukan masa depan Anda,” ujar Paus, dan mendesak mereka untuk merasa dan menjadi lebih bertanggung jawab atas dunia dan kehidupan manusia.

“Jangan pernah lupa bahwa setiap ketidak-adilan terhadap orang miskin adalah luka terbuka dan mengurangi martabat Anda,” jelas Paus Fransiskus. “Sekalipun dunia ini mengharapkan agar Anda berusaha meraih kesuksesan, berikanlah diri Anda sarana dan waktu untuk mengikuti jalan persaudaraan, untuk membangun jembatan antara orang-orang daripada dinding” dan untuk berperan dalam pembangunan dunia yang lebih adil dan manusiawi, pungkas Paus Fransiskus.
sumber: UCAN Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar