Senin, 05 Desember 2016

Menipu Itu Dosa?

Tidak ada manusia di bumi ini yang sempurna. Pasti ada cacat atau kelemahan. Salah satunya adalah menipu atau biasa juga disebut berbohong. Menipu atau berbohong adalah suatu tindakan menutupi sesuatu dengan suatu tujuan tertentu.
Sejak kecil kita sudah dicekoki oleh paham bahwa bohong itu dosa. Orang yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah orangtua atau para guru kita. Untuk melatih anak supaya hidup jujur, anak selalu ditanamkan paham “Berbohong itu dosa!” Sangking seringnya paham ini dilontarkan, baik di rumah maupun di sekolah, membuat ia tertanam dalam alam bawah sadar, sehingga ketika ada orang lain berbohong, baik dari rekan seusianya maupun dari orang dewasa sekalipun, anak akan berkata menasehati, “Awas, ibu bilang bohong itu dosa!”
Menjadi pertanyaan, apakah benar berbohong itu dosa. Tulisan berikut ini mencoba mengulas tentang bohong atau menipu. Dari sana kita dapat menilai sendiri apakah berbohong itu masuk kategori dosa atau tidak. Lebih lanjut dapat baca di sini:  Budak Bangka: (Pencerahan) Menipu Itu Dosa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar