Jumat, 28 Oktober 2016

APAKAH ANDA INTROVER? SILAHKAN CEK SENDIRI

Carl Gustav Jung, dalam bukunya Psychologische Typen, mengatakan bahwa orang yang berkepribadian introver memiliki kecenderungan pendiam, suka merenung, dan lebih peduli tentang pemikiran mereka dalam dunia mereka sendiri. Hanya sedikit orang yang mau mengakui bahwa dirinya adalah seorang yang introver. Terlebih lagi, masih ada mitos keliru bahwa orang dengan tipe kepribadian ini sangat pemalu dan menutup diri dari dunia luar.
Susan Cain dalam bukunya Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking mengatakan bahwa orang yang introver sebenarnya juga bisa bersikap hangat, tertarik kepada orang lain, dan memiliki kekuatan pada sikapnya.
Untuk mengetahui apakah Anda seorang introver atau tidak dapat diketahui dari ciri-ciri kepribadian introver seperti dikutip dari psychologytoday.com..
Menikmati waktu sendiri
Saat memiliki kesempatan untuk jeda, hal yang paling disukai adalah membaca, main video games, atau hanya mendengarkan musik. Waktu sendiri itu paling Anda nikmati walau Anda juga suka untuk melakukan aktivitas sosial bersama orang lain
Kemampuan berpikir lebih baik saat sendiri
Bukannya menolak diskusi berkelompok, namun jika ingin menemukan solusi kreatif, biasanya Anda lebih mudah mendapatkannya saat bekerja sendiri.
Bisa jadi pemimpin yang baik
Meski orang yang introver dianggap sangat pendiam sehingga tidak bisa memimpin, dalam kondisi tertentu sebenarnya mereka bisa jadi pemimpin yang baik. Bila anggota kelompok sudah bisa mengatur dirinya, maka pemimpin yang introver dapat menggali potensi orang yang dipimpinnya.
Paling terakhir angkat bicara
Anda mungkin masih ingat saat di sekolah dasar, ketika guru melontarkan pertanyaan kepada para murid, biasanya Anda adalah orang terakhir yang mengangkat tangan. Orang yang ekstrover selalu siap dan mau tampil menonjol dalam situasi sosial atau akademik. Anda termasuk orang yang introver jika sering membiarkan orang lain mengambil tempat untuk tampil. Ini bukan berarti orang yang introver kurang pengetahuan, namun mereka memang merasa tidak butuh berada di bawah sorotan.
Sering dimintai pendapat
Selain kurang berminat terlibat dalam situasi sosial, si introver juga kurang suka memberikan pendapatnya di depan umum. Baik dalam acara rapat maupun pertemuan keluarga, orang yang introver biasanya menyimpan pendapatnya sendiri. Terkadang biasanya pemimpin rapat akan menanyakan pendapat Anda dahulu sebelum Anda bersedia mengungkapkannya.
Suka memakai headphone di tempat umum
Bila Anda seorang introver, biasanya Anda berusaha agar tidak membuat kontak dengan orang lain. Pada beberapa tahun lalu, untuk menghindari interaksi, Anda akan menunduk atau menatap lurus ke depan. Kini, perlindungan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan headphone.
Tak suka basa basi
Sulit bagi Anda untuk berbasa-basi dengan orang lain di tempat umum, misalnya saat mengantre di rumah sakit. Bila Anda terlambat atau sedang stres, Anda tak akan membocorkan informasi tersebut kepada orang di sekitar karena merasa itu bukan urusan orang lain. Orang lain juga sering kesulitan memahami perasaan atau pikiran Anda pada satu momen, kecuali Anda merasa sangat dekat dan mau mengungkapkannya.
sumber: Kompas Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar