Rabu, 14 Januari 2015

Renungan Hari Rabu Biasa I - Thn I

Renungan Hari Rabu Biasa I, Thn B/I
Bac I    Ibr 2: 14 – 18; Injil                Mrk 1: 29 – 39;

Hari ini Injil bercerita tentang mujizat-mujizat yang dilakukan Tuhan Yesus. Berawal dari penyembuhan ibu mertua Simon dari sakit demamnya. Tindakan itu memancing tanggapan dari orang banyak. Maka dibawalah kepada Tuhan Yesus semua orang sakit dan kerasukan setan. Kepada mereka semua, Tuhan Yesus pun melakukan penyembuhan. Yang sakit menjadi sembuh, setan-setan keluar dari tubuh manusia yang dirasukinya.

Apa yang digambarkan Injil sejalan dengan bacaan pertama, yang diambil dari Surat kepada Orang Ibrani. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan refleksi penulis atas tindakan-tindakan Yesus dalam Injil. Penulis melihat bahwa manusia merupakan makhluk yang lemah. Kelemahan manusia itu terlihat dari sakit dan penderitaan kerasukan. Namun kuasa Yesus Kristus dapat memusnahkannya. Terlebih lagi, berkat kematian Tuhan Yesus di kayu salib, Dia memusnahkan kuasa iblis.

Sabda Tuhan hari ini mau menyampaikan kepada kita bahwa Tuhan Yesus memiliki kuasa atas penyebab penderitaan. Dia telah mengatasinya. Maka dari itu, hendaklah kita datang kepada-Nya dengan segala permasalahan hidup kita. Datang kepada Yesus berarti percaya kepada-Nya. Kita diajak menyerahkan semua persoalan hidup kepada-Nya. Inilah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya hari ini. Kita diminta untuk percaya kepada Tuhan Yesus bahwa Dia memiliki kuasa atas kuasa penderitaan umat manusia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar