Selasa, 23 Desember 2014

Renungan Hari Selasa Adven IV - B

Renungan Hari Selasa Adven IV, Thn B/I
Bac I    Mal 3: 1 – 4; 4: 5 – 6; Injil               Luk 1: 57 – 66;

Injil hari ini, yang merupakan kelanjutan dari Injil kemarin, berkisah tentang kelahiran Yohanes Pembaptis. Kelahiran Yohanes Pembaptis mendatangkan sukacita, bukan saja bagi keluarga Zakaria dan Elisabeth, melainkan juga warga kampung. Mereka melihat rahmat Allah dalam peristiwa itu. Kuasa Allah kembali mereka lihat dalam peristiwa penamaan anak yang baru dilahirkan Elisabeth. Mereka sungguh melihat bahwa “Tangan Tuhan menyertai dia.” (ay. 66). Di sini mau ditunjukkan bahwa memang Yohanes Pembaptis merupakan bagian dari rencana karya keselamatan Allah. Kehadirannya sudah diramalkan.

Ramalan akan kehadiran Yohanes Pembaptis dapat ditemui dalam bacaan pertama hari ini. Dalam Kitab Maleakhi, yang menjadi bacaan pertama, diungkapkan bahwa Tuhan akan mengutus utusan-Nya untuk mendahului-Nya. Utusan ini akan menyiapkan jalan bagi umat di hadapan Tuhan. Utusan ini akan terlebih dahulu memurnikan umat dari dosa-dosa mereka melalui pertobatan. Jadi, apa yang diungkapkan Tuhan melalui mulut Nabi Maleakhi, merupakan nubuat akan kehadiran Yohanes Pembaptis yang mendahului Tuhan Yesus.

Dapatlah dikatakan bahwa Injil hari ini merupakan pemenuhan nubuat Nabi Maleakhi, dalam bacaan pertama. Yohanes Pembaptis hadir lebih dahulu. Ia datang untuk menyiapkan umat bagi kedatangan Tuhan Yesus. Seruan Yohanes Pembaptis menjadi santer terdengar di saat kita menyiapkan diri menyambut pesta kelahiran Tuhan Yesus. Kita juga diajak untuk mempersiapkan diri dan hati kita bagi kedatangan Tuhan. Salah satu persiapan itu adalah dengan pertobatan. Tobat merupakan bentuk pemurnian hati sehingga Tuhan Yesus menjadi pantas datang bersemayam dalam hati kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar