Selasa, 25 November 2014

Renungan Hari Selasa sesudah HR Kristus Raja - Thn II

Renungan Hari Selasa Biasa XXXIV, Thn A/II
Bac I    Why 14: 14 – 20; Injil             Luk 21: 5 – 11;

Bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Wahyu, mengungkapkan penglihatan Yohanes, yang secara implisit, tentang gambaran akhir zaman. Yohanes melihat ada malaikat dengan sabit tajam di tangannya. Malaikat itu mengayunkan sabitnya ke bumi karena musim panen telah tiba. Tentu hal ini berkaitan dengan hidup manusia. pada akhir zaman manusia diibaratkan dengan musim panen. Manusia adalah tanamannya. Tanaman yang menghasilkan buah baik akan ditempatkan pada tempat yang khusus, sedangkan yang tidak akan masuk ke dalam nyala api abadi.

Yohanes, dalam bacaan pertama, memang melukiskan gambaran akhir zaman, namun ia tidak memberikan keterangan pasti kapan hal itu terjadi. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Tuhan Yesus dalam Injil hari. Dalam Injil Tuhan Yesus memberi gambaran tentang akhir zaman. Dan ketika ada yang bertanya soal waktu dan tandanya, Tuhan Yesus menegaskan tidak ada yang tahu. Tuhan Yesus justru mengajak mereka untuk waspada supaya tidak disesatkan.

Tema akhir zaman atau biasa disebut hari kiamat, sering menjadi topik pembicaraan hangat. Ada banyak kelompok agama menyakini kiamat akan terjadi pada waktu-waktu tertentu. Mereka sudah menentukan waktunya. Sabda Tuhan hari ini mau menegaskan kepada kita bahwa hari kiamat itu bakal akan datang. Namun kapan dan dimananya kita tidak tahu pasti. Tuhan tidak memberikan kepastian waktu supaya kita dapat berjaga-jaga. Tuhan menghendaki agar kita tidak disesatkan oleh berbagai informasi berkaitan dengan akhir zaman ini.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar