Jumat, 08 Agustus 2014

Renungan Hari Jumat Biasa XVIII - Thn II

Renungan Hari Jumat Biasa XVIII, Thn A/II
Bac I    Nah 1: 15; 2: 2; 3: 1 – 3, 6 – 7; Injil           Mat 16: 24 – 28;

Dalam bacaan pertama, dikisahkan bahwa Allah peduli akan bangsa pilihan-Nya. Tuhan akan memulihkan kebanggakan Yakob dan mendatangkan damai sejahtera. Tuhan juga akan melindungi umat-Nya dari para perusak, baik dalam arti rohani maupun dunia, karena Tuhan akan membinasakan mereka. Dengan perlindungan Tuhan ini, bangsa Israel akan merasa aman, karena yang lain akan takut.

Apa yang diungkapkan dalam bacaan pertama, kembali ditegaskan Tuhan Yesus dalam Injil hari ini. Yesus mengawali dengan ajakan untuk mengikuti Dia. Artinya, menjadi murid-Nya berarti melaksanakan kehendak-Nya. Hal inilah yang mendatangkan perhatian dan perlindungan Tuhan. Tuhan Yesus mengatakan bahwa Ia akan membalas sesuai perbuatannya.

Sabda Tuhan hari ini pertama-tama mau menyatakan kepada kita bahwa Allah peduli kepada kita. Kita dipanggil-Nya untuk menjadi murid-Nya. Untuk itu, kita musti mengikuti cara dan kehendak-Nya, meski untuk itu kita harus mengorbankan nyawa sekalipun. Perlu disadari bahwa Tuhan senantiasa membalas kita sesuai dengan perbuatan kita. Tuhan juga akan menjaga kita dari mereka yang selalu ingin membinasakan kita. Melalui sabda-Nya, Tuhan menghendaki supaya kita mau menyerahkan hidup kita kepada-Nya. Kita diajak untuk percaya kepada-Nya dalam setiap peristiwa kehidupan kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar