Sabtu, 31 Mei 2014

Renungan Pesta Maria Mengunjungi Elisabeth

Renungan Pesta Maria Mengunjungi Elisabeth, Thn A/II
Bac I   : Rom 12: 9 – 16b; Injil    : Luk 1: 39 – 56;

Hari ini Gereja Katolik sedunia merayakan pesta St. Maria mengunjungi Elisabeth. Injil hari ini secara khusus menceritakan kisah tersebut. Dikisahkan bahwa setelah Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel, Maria bergegas ke tempat Elisabeth. Malaikat Gabriel tidak hanya memberitahukan perihal kehamilannya saja, melainkan juga kehamilan Elisabeth. Maria kenal benar siapa Elisabeth. Di usianya yang tua dan sejak lama memegang predikat mandul, kini sedang hamil tua. Maria berpikir tentulah Elisabeth membutuhkan orang lain untuk meringankan beban hidup Elisabeth. Dan itulah yang dilakukan Maria. Kira-kira tiga bulan lamanya ia tinggal bersama Elisabeth (ay. 56). Tentulah saat itu Elisabeth sudah melahirkan.

Apa yang dilakukan Maria mau memperlihatkan sikapnya yang peduli akan sesamanya. Sikap Maria ini persis seperti apa yang diungkapkan Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma. Seakan Paulus merefleksikan sikap dan teladan Maria dan menjadikannya sebagai seruan bagi jemaat. Artinya, Paulus hendak mengajak jemaat meniru teladan Maria. Teladan itu seperti saling mengasihi sebagai saudara, saling menghormati, solidaritas dengan sesama, membantu kekurangan sesama, dll.

Di saat kita merayakan pesta Santa Perawan Maria mengunjungi Elisabeth, kita diajak untuk mengikuti teladannya. Teladan Maria dengan sangat gamblang dan sederhana diungkapkan oleh Paulus dalam bacaan kedua. Karena itu, pesan Paulus kepada jemaat di Roma, menjadi pesan Paulus kepada kita saat ini. Itulah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya hari ini.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar