Rabu, 02 April 2014

Renungan Hari Rabu Prapaskah IV - A

Renungan Hari Rabu Prapaskah IV, Thn A/II
Bac I   : Yes 49: 8 – 15; Injil         : Yoh 5: 17 – 30

Sabda Tuhan dalam bacaan pertama yang diambil dari Kitab Yesaya, mengungkapkan bahwa Allah adalah penghibur umat-Nya. Dengan tegas dinyatakan bahwa “Tuhan menghibur umat-Nya dan menyayangi orang-orang-Nya yang tertindas.” (ay. 13). Allah tidak ingin melihat umatnya menderita, hidup dalam kedukaan. Dia akan memperhatikan harapan dan kebutuhan umat-Nya.

Pesan Nabi Yesaya dalam bacaan pertama kembali ditegaskan Yesus dalam Injil hari ini. Dalam Injil Yesus menunjukkan bahwa Dia ambil bagian dalam tugas Allah yang adalah Bapa-Nya. Orang-orang Farisi melihat bahwa Yesus menyamakan dirinya dengan Allah; dan memanglah demikian. Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Karena itu, tindakan Yesus yang menghibur orang yang menderita, menyembuhkan orang sakit dan mewartakan kabar sukacita merupakan juga tindakan Allah sebagaimana diungkapkan Yesaya.

Sabda Tuhan hari ini pertama-tama mau meyakinkan kita bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Karena itu, tindakan Yesus merupakan juga tindakan Allah. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa Allah memperhatikan dan peduli akan kehidupan kita. Kepada kita diminta untuk percaya. Iman kepercayaan ini membuat kita “mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum.” (Yoh 5: 24).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar