Rabu, 15 Januari 2014

Renungan Hari Rabu Biasa I - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa I, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 3: 1 – 10, 19 – 20; Injil   : Mrk 1: 29 – 39

Hari ini bacaan pertama berbicara soal panggilan Samuel menjadi nabi Tuhan. Dikatakan bahwa Tuhan memanggil Samuel hingga tiga kali. Yang menarik adalah panggilan itu terjadi pada saat tidur. Kata tidur, selain menjelaskan aktivitas istirahat, juga mengandung makna keheningan. Dengan tidur, orang masuk ke kedalaman dirinya yang paling dalam dan hening. Dan di sanalah terjadi komunikasi dengan Tuhan.

Komunikasi dengan Tuhan dalam keheningan juga dicontohkan Yesus dalam Injil hari ini. Dikatakan bahwa “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, .... Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (ay. 35). Sebelumnya Yesus disibukkan dengan berbagai aktivitas. Namun Yesus tidak mau larut dalam kesibukan. Ia meluangkan waktu untuk tetap menjalin komunikasi dengan Bapa-Nya.

Setiap kita tentu memiliki kesibukan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Sabda Tuhan hari ini mengajarkan kita untuk meluangkan waktu untuk berdoa, berkomunikasi dengan Tuhan. Di tengah kesibukan dan keramaian, Tuhan menghendaki agar kita mau dan berani masuk ke dalam keheningan untuk berjumpa dengan Dia. Di hadapan-Nya kita dapat berkata seperti Samuel, “Bersabdalah ya Tuhan, hamba-Mu mendengarkan!”

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar