Jumat, 10 Januari 2014

Renungan Hari Jumat sesudah Penampakan

Renungan Hari Jumat sesudah Penampakan, Thn A/II
Bac I   : 1Yoh 5: 5 – 13; Injil        : Luk 5: 12 – 16

Dalam bacaan pertama hari ini Yohanes menyinggung tentang Tritunggal Mahakudus: Bapa, Firman dan Roh Kudus (ay. 7). Yohanes menegaskan bahwa ketiganya adalah satu. Karena itu, jika kita percaya kepada Bapa, maka kita juga percaya kepada Firman, yang adalah Anak Allah (Yesus Kristus) dan Roh Kudus. Yesus merupakan Sabda atau Firman Allah yang menjadi manusia. Yohanes, melalui suratnya, mengajak umat untuk percaya kepada Yesus. Kepercayaan itu akan mendatangkan keselamatan (ay. 13).

Kepercayaan yang mendatangkan keselamatan inilah yang diungkap Lukas dalam Injil. Hal ini dialami oleh penderita kusta. Dia percaya pada Yesus. Karena itu dia berkata, “Jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” (ay. 12). Karena kepercayaannya itulah, akhirnya dia mendapatkan ‘keselamatan’. “Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.” (ay. 13).

Tuhan, lewat sabda-Nya hari ini, mau mengingatkan kita akan keallahan Yesus. Dia adalah Sabda Allah yang hidup. Karena itu, sabda Tuhan hari ini menghendaki agar kita menaruh kepercayaan kepada Yesus, sebagaimana kita percaya kepada Allah (Bapa) dan juga (Allah) Roh Kudus. Kepercayaan ini akan mendatangkan keselamatan, bukan saja kini, melainkan juga kekal.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar