Senin, 23 Desember 2013

Renungan Hari Senin Adven IV - A

Renungan Hari Senin Adven IV, Thn A/II
Bac I   : Mal 3: 1 – 4, 4: 5 – 6; Injil         : Luk 1: 57 – 66

Sabda Tuhan hari ini berpusat pada Yohanes Pembaptis yang datang untuk mempersiapkan manusia akan kedatangan Tuhan Yesus. Kehadiran Yohanes ini sudah diramalkan oleh Kitab Maleakhi. Dalam bacaan pertama, dikatakan bahwa utusan yang mendahului Tuhan itu akan memurnikan manusia supaya pantas dan layak. Pemurnian itu dilakukan melalui pertobatan.

Injil hari ini mengisahkan tentang peristiwa kelahiran Yohanes Pembaptis. Kelahirannya disambut sukaria keluarga dan sanak kenalan. Namun bukan sukaria itu yang menjadi titik utama pesan Injil ini hari, melainkan tanda yang menyertai kehadiran Yohanes dalam keluarga Zakaria dan Elisabeth. Menyaksikan peristiwa itu, semua orang benar-benar merasa bahwa “tangan Tuhan menyertai dia.” (ay. 66).

Masa adven adalah masa penantian. Kita sedang menanti kedatangan Tuhan, baik untuk masa yang akan datang (eskatologis), maupun saat kini (perayaan natal). Dalam masa penantian ini, kita selalu disuguhi penampilan Yohanes Pembaptis. Ini mau mengatakan kepada kita bahwa Yohanes Pembaptis tidak bisa dilepaskan dari masa penantian itu. Yohanes selalu mengajak kita untuk bertobat, menyucikan dan mentahirkan diri, agar kita pantas dan layak menerima kehadiran Tuhan Yesus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar