Selasa, 10 Desember 2013

Renungan Hari Selasa Adven II - A

Renungan Hari Selasa Adven II, Thn A/II
Bac I   : Yes 40: 1 – 11; Injil         : Mat 18: 12 – 14

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara tentang Allah sebagai gembala yang baik. Dalam bacaan pertama, Yesaya mengibaratkan Yahwe itu dengan seorang gembala yang penuh perhatian dan kehati-hatian dalam merawat dan mengurus domba-dombanya (ay. 11). Sekalipun umat-Nya bersalah, Yahwe tetap mencintai, meski untuk dosa itu ada hukuman. Namun yang perlu disadari adalah Yahwe tidak mau membiarkan umat-Nya hilang dan menderita.

Hal yang sama terungkap juga dalam Injil. Dalam Injil Yesus membandingkan Allah Bapa dengan gembala yang baik. Sekalipun satu ekor domba hilang, ia akan tetap mencari sampai ketemu. Ia tidak mau seekor pun dombanya hilang. “Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang.” (ay. 14).

Hari ini, lewat sabda-Nya, Tuhan mau menyadarkan kita bahwa Allah kita adalah Allah yang mahabaik. Ia tidak menghendaki kita binasa, melainkan selamat. Sekalipun kita hilang (berdosa dan bersalah), Allah akan tetap mencari. Di sini berarti ada peluang untuk ditemui. Agar mudah ditemui, maka kita harus memunculkan diri. Salah satu cara pemunculan itu adalah dengan bertobat. Masa Allah mencari merupakan masa bagi kita untuk bertobat. Inilah yang dikehendaki Allah bagi kita hari ini.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar