Kamis, 19 Desember 2013

Renungan Hari Kamis Adven III - A

Renungan Hari Kamis Adven III, Thn A/II
Bac I   : Hak 13: 2 – 7, 24 – 25a; Injil    : Luk 1: 5 – 25

Sabda Tuhan hari ini mengisahkan tentang kelahiran dua tokoh besar bangsa Israel. Dalam bacaan pertama dikisahkan tentang kelahiran Simson; dan bacaan Injil mengisahkan kelahiran Yohanes Pembaptis. Meski beda jaman, namun ada kesamaan keduanya. Kedua tokoh ini berasal dari orang tua, yang dari kacamata manusia, sudah tak mungkin hamil, karena mandul. Namun Tuhan punya rencana lain.

Kesamaan lain adalah persiapan akan kelahiran kedua tokoh ini. Karena keduanya merupakan bagian dari rencana Allah, maka apa yang baik di mata Allah terpelihara baik. Sejak dari dalam kandungan, kedua tokoh ini, oleh orang tuanya, khususnya ibu, terpelihara baik sesuai kehendak Allah. Demi kehadiran buah hati yang dikehendaki Allah, sang ibu menjaga dirinya juga.

Saat ini kita masih dalam masa penantian akan kedatangan Yesus Kristus. Kita sedang mempersiapkan kelahiran Yesus Kristus dalam hati kita. Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk berlaku dan bersikap seperti ibu Simson dan Yohanes Pembaptis yang mempersiapkan diri mereka bagi kelahiran putra mereka. Kita juga diminta untuk menjauhkan hal-hal yang buruk dan jahat dari dalam diri kita serta hidup sesuai dengan kehendak Allah. Salah satu bentuknya adalah dengan pertobatan. Dengan demikian, Yesus pantas bersemayam dalam diri kita; dan kita pun layak merayakan kelahiran-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar