Sabtu, 05 Oktober 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa XXVI-C

Renungan Hari Sabtu Biasa XXVI, Thn C/I
Bac I   : Bar 4: 5 – 12, 27 – 29; Injil       : Luk 10: 17 24

Bacaan pertama dan Injil hari ini saling bertentangan, meski memiliki kesamaan pesannya. Dalam bacaan pertama dikisahkan bahwa Allah, sekalipun menghukum umat-Nya, Ia tidak akan menghancurkan mereka (bdk. ay. 27) Menghukum umat karena mereka melupakan Tuhan “dengan mempersembahkan korban kepada setan, bukan kepada Allah.” (ay. 7). Dengan kata lain, bangsa Israel lebih mengabdi kepada setan/iblis daripada Allah. Akan tetapi Allah tidak menghancurkan mereka karena kasih-Nya.

Dalam Injil dikisahkan bahwa para murid telah mengalahkan kuasa setan/iblis. Kepada Yesus mereka berkata, “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu.” (ay. 17). Harus disadari bahwa para murid ini berhasil menundukkan setan bukan karena kekuatan mereka sendiri, melainkan karena kuasa yang mereka dapat dari Yesus. Artinya, bersama Yesus mereka mengalahkan setan itu.

Sabda Tuhan hari ini mau mengingatkan kita bahwa kita terpanggil untuk senantiasa mengabdi kepada Tuhan dan berjuang untuk mengalahkan setan. Tuhan menghendaki supaya kita selalu menaklukkan setan dalam kehidupan kita, tidak memberi ruang dalam kehidupan kita baginya. Hal ini dapat kita lakukan bila kita senantiasa berjalan bersama Yesus, Tuhan dan penyelamat kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar