Rabu, 23 Oktober 2013

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX-C

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX, Thn C/I
Bac I   : Rom 6: 12 – 18;  Injil      : Luk 12: 39 48

Dalam bacaan pertama hari ini, Paulus masih melanjutkan pengajarannya yang kemarin, di mana Paulus mengajak umat untuk berbahagia karena Yesus Kristus sudah melepaskan jerat maut kita, yaitu dosa. Hari ini Paulus tetap mengingatkan bahwa sekalipun kita “telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran,” (ay. 18), hendaklah kita jangan berdosa lagi atau menyerahkan tubuh kita kepada dosa (ay. 12 – 13).

Untuk itulah hendaknya kita harus berjaga-jaga dan siap sedia. Inilah yang mau disampaikan Yesus dalam pengajaran-Nya. Dalam Injil Yesus mengajak agar kita senantiasa terjaga dalam iman, tidak tidur dalam kekelaman dosa. Artinya, dalam hidup kita tidak memberikan ruang bagi kejahatan, melainkan selalu menampilkan kebaikan.

Manusia adalah makhluk lemah. Kelemahan ini membuatnya mudah jatuh ke dalam dosa. Akan tetapi, manusia sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Tuhan meminta kita untuk tidak lagi mudah jatuh ke dalam dosa. Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa mendekatkan diri pada-Nya. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka kita selalu siap sedia dan tidak menyerahkan anggota tubuh kita kepada dosa.


by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar