Senin, 09 September 2013

Renungan Hari Senin Biasa XXIII-C

Renungan Hari Senin Biasa XXIII, Thn C/I
Bac I   : Kol 1: 242: 3; Injil       : Luk 6: 6 11

Dalam suratnya kepada Jemaat di Kolese, Paulus mengungkapkan bahwa ia bersukacita dalam penderitaan demi jemaat. Paulus tak peduli apakah orang mengenal dirinya atau tidak, yang penting umat dapat “mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus.” (ay. 2). Pada Kristus terdapat “segala harta hikmat dan pengetahuan.” (ay. 3). Inilah yang utama, karena hikmat dan pengetahuan itu mendatangkan keselamatan.

Berbeda dengan Paulus, para ahli Taurat dan kaum Farisi tidak dapat menemukan hikmat dan pengetahuan itu. Mereka masih setia pada aturan yang bagi Yesus menghalangi orang untuk menikmati keselamatan. Karena itulah Yesus menantang mereka dengan bertanya, “Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat: berbuat baik atau berbuat jahat; menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?” (ay.  9).

Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan menghendaki kita untuk senantiasa mencari hikmat dan pengetahuan-Nya. Dan setelah kita menemukannya, hendaklah kita mau membagikannya kepada sesam kita. Artinya, kita diminta untuk membawa keselamatan bagi orang lain.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar