Selasa, 10 September 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XXIII-C

Renungan Hari Selasa Biasa XXIII, Thn C/I
Bac I   : Kol 2: 615; Injil            : Luk 6: 12 19

Dalam Injil hari ini dikisahkan Yesus memilih dua belas orang yang disebut-Nya rasul (ay. 13). Sebelum memilih mereka, terlebih dahulu Yesus berdoa kepada Allah (ay. 12). Dari antara dua belas rasul itu, satu orang mengkhianati Dia, yaitu Yudas Iskariot (ay. 16). Hal ini menunjukkan bahwa sekalipun sudah dipilih Tuhan, sekalipun sudah hidup bersama Tuhan, kelemahan manusiawi tak akan hilang. Yudas gagal mewujudkan kesetiaannya pada Yesus.

Sadar akan hal ini, Paulus dalam suratnya kepada Jemaat di Kolese, meminta mereka untuk tetap hidup di dalam Yesus (ay 6), berakar dalam Yesus dan bertumbuh di atas Dia (ay. 7). Paulus menghendaki agar jemaat tidak menyimpang dari ajaran Tuhan. Dengan kata lain, jangan mengkhianati Tuhan. Jemaat, yang sudah ditebus oleh Yesus Kristus, diajak untuk tetap setia pada-Nya.

Sabda Tuhan hari ini menjadi cerminan bagi hidup kita. Sekalipun kita sudah dibaptis dalam nama Yesus, sekalipun kita sering hadir dalam ekaristi, dan lain sebagainya, kita tetap diminta untuk senantiasa teguh dalam Injil Tuhan. Lewat sabda-Nya hari ini, Tuhan menghendaki agar kita tidak mengkhianati Dia, tetapi tetap setia pada-Nya. Tuhan Yesus meminta kita untuk tidak meninggalkan Gereja-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar