Selasa, 16 Juli 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XV-C

Renungan Hari Selasa Biasa XV, Thn C/I
Bac I   : Kel 2: 1 – 15a; Injil           : Mat 11: 20 – 24

Bacaan pertama hari ini bercerita tentang Musa. Sekalipun dibesarkan dalam lingkungan Mesir, ia tidak lupa akan darah Israelnya. Yang menarik dari cerita ini adalah aksi Musa membela yang lemah dan menegakkan kebenaran. Ini terlihat dari tindakan Musa membunuh orang orang Mesir yang memukul orang Israel serta melerai pertikaian sesama orang Israel. Singkatnya, Musa ingin menegakkan kebaikan.

Dalam Injil Yesus menyampaikan kecaman-Nya atas kota-kota yang tidak bertobat. Artinya, Yesus mau mengajak umat untuk meninggalkan perilaku jahatnya dan mulai berbuat baik. Yesus sudah memberikan contoh lewat mujizat-mujizat dengan harapan terjadinya pertobatan. Dengan kata lain, Yesus hendak menegakkan kebenaran dan kebaikan dalam kehidupan umat.

Hari ini sabda Tuhan menampilkan dua figur teladan. Melalui Nabi Musa kita diajak untuk selalu membela yang lemah dan menegakkan kebenaran; dengan kata lain kita harus senantiasa melakukan kebaikan. Melalui Yesus, yang adalah juga Musa Baru, kita diajak melakukan dan menanamkan kebaikan sebagai buah dari pertobatan. Sabda Tuhan menghendaki agar kita mengikuti teladan Musa dan Yesus: senantiasa menaburkan benih-benih kebaikan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar