Rabu, 10 Juli 2013

Renungan Hari Rabu BIasa XIV-C

Renungan Hari Rabu Biasa XIV, Thn C/I
Bac I   Kej 41: 55 – 57, 42: 5 – 7a, 17 – 24a; Injil    Mat 10: 1 – 7

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal berbagi peran. Dalam bacaan pertama pembagian peran atau tugas itu tampak antara Firaun dan Yusuf. Sekalipun Firaun adalah penguasa dan lewat menjalankan tugas membagi-bagi makanan popularitasnya bias meningkat, Firaun tetap menyerahkan tugas itu kepada Yusuf. Firaun tidak mau peduli kepada siapa saja Yusuf menyerahkan harta benda berupa makanan dari istana. Firaun sudah percaya kepada Yusuf.

Pembagian tugas atau peran juga dapat kita lihat dalam Injil hari ini. Yesus memilih dua belas orang untuk mendampingi-Nya sebagai rasul. Kepada kedua belas orang ini, Yesus “memberi mereka kuasa,” (ay. 1) dan tugas. Yesus tidak mau melakukannya sendiri, sekalipun Dia sanggup karena Dia memiliki kuasa. Yang terjadi adalah Yesus berbagi dengan dua belas rasul-Nya, sekalipun Yesus sadar tidak semua merka memiliki kemampuan yang sama. Yesus sudah percaya kepada mereka.

Sabda Tuhan hari ini menghendaki kita untuk mau berbagi peran. Jangan serakah peran, ingin menguasai semuanya meski diri sendiri sadar akan keterbatasan. Sabda Tuhan hari memberi pelajaran yang sangat bagus buat kita soal berbagai peran atau tugas. Salah satu dasar berbagi peran ini adalah kepercayaan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar