Minggu, 07 Juli 2013

Renungan Hari Minggu Biasa XIV-C

Renungan Hari Minggu Biasa XIV, Thn C/I
Bac I   : Yes 66: 10 – 14; Baca II  : Gal 6: 14 – 18

Tema sabda Tuhan hari ini adalah berbahagialah dalam tugas. Dalam bacaan pertama, ajakan berbahagia disuarakan oleh Nabi Yesaya. “Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya…” (ay. 10). Tuhan sendiri yang menjadi jaminan untuk menghibur umat-Nya (ay. 13).

Hal yang senada juga ditekankan Paulus dalam bacaan kedua. Dalam suratnya kepada jemaat di Galatia, Paulus mengatakan bahwa kebahagiaannya hanya ada di dalam salib Tuhan Yesus. Paulus tidak mau bermegah atau bersuka cita dalam hal lain kecuali dalam salib Yesus (ay. 14). Paulus mengajak jemaat untuk mengikuti teladan hidupnya, karena dengan demikian “turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat” (ay. 16) atas jemaat.

Ajakan berbahagia dalam tugas ditekankan Yesus kepada para murid-Nya dalam Injil hari ini. Ketika mengutus para murid pergi berdua-dua, Yesus menyadarkan mereka bahwa pengutusan ini ibarat mengutus “anak domba ke tengah-tengah serigala.” (ay. 3). Namun Yesus meminta mereka untuk tidak perlu takut dan cemas. Yesus meminta para murid untuk menggantungkan hidup mereka kepada Tuhan. “Seorang pekerja patut mendapatkan upahnya.” (ay. 7).

Dunia saat ini dipenuhi dengan kecemasan dan kegelisahan yang membuat manusia sulit melihat dan merasakan keceriaan hidup. Beban hidup dan tugas selalu terasa berat menghimpit. Karena itu, sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk berbahagia. Hendaklah kita mengikuti teladan Paulus yang dapat bermegah dalam salib Yesus. Salib adalah lambang penderitaan. Namun penderitaan itu tidak membuat Paulus takut dan bersedih, melainkan bermegah karena salib juga merupakan lambang keselamatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar