Sabtu, 06 Juli 2013

(Pencerahan): Mengenal dari Perbuatannya

TANDA PENGENAL
Ini sebuah cerita. Setelah berita kematian Rm. Gandung tersebar luas, seorang umat bertanya melalui pesan singkat tentang sosok almarhum. Dia umat salah satu paroki yang ada di wilayah kevikepan Utara. Selama menjadi imam, Rm. Gandung belum pernah bertugas di wilayah Kepulauan Riau. Karena itu, umat ini tidak tahu tentang sosok romo, yang memiliki nama asli Petrus Sunarto dan ingin mengetahuinya.

Umat  : Pagi, Mo! Romo Gandung itu yang mana satu orangnya?
Saya   : Itu hari kamu ikut sidang sinode, kan?
Umat  : Ikut, donk. Kan kita satu kelompok.
Saya   : Nah, Romo Gandung itu, romo yang membuka kenyataan adanya ketimpangan imam projo dalam hal keuangan.
Umat : Ho.., yang waktu membahas harta benda Gereja romo ini menyinggung soal romo yang bergaji dan romo yang beruang saku?
Saya   : Yupz!
Umat : Ho…, romo yang mengangkat masalah ada romo yang bergaji puluhan juta tapi tak mau serahkan ke keuskupan karena mau nikmati sendiri?
Saya   : Yupz! Uda kenal?
Umat  : Ya, saya sudah tahu orangnya. Kasihan, ya?!

Terkadang kita tahu orang tapi tak tahu wajahnya. Ada banyak cara untuk mengenal orang lain. Kita bisa mengenal seseorang bukan saja dari namanya, melainkan juga dari perbuatan atau sikapnya. Walau namanya tidak tahu atau tidak diingat, namun dari perbuatannya orang masih dapat tetap mengingatnya.

Seorang guru tak akan pernah melupakan muridnya dari perbuatan atau prestasinya, walau ia lupa nama murid tersebut. Ingatan itu bisa saja berupa ingatan akan keburukan sang murid, bisa juga akan prestasi murid.

Hendaklah kita selalu meninggalkan kenangan baik selama hidup kita, agar orang mengingat kita akan sesuatu yang baik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar