Sabtu, 15 Juni 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa X-C

Renungan Hari Sabtu Biasa X, Thn C/I
Bac I   : 2Kor 5: 14 – 21; Injil       : Mat 5: 33 – 37

Injil hari ini masih merupakan pengajaran Yesus di bukit. Dalam pengajaran-Nya Yesus mau mengajak kita untuk menjaga ucapan kita. Artinya, setiap ucapan kita harus dapat dipertanggungjawabkan. Jadi, jangan asal ucap atau asal bicara saja. Hal ini dikaitkan dengan sumpah atau janji.

Hidup manusia tak akan pernah lepas dari janji atau sumpah. Ketika calon pasangan suami istri mau menikah, mereka mengucapkan janji untuk setia. Demikian juga mereka yang hendak jadi imam, bruder ataupun suster. Ada banyak sumpah dan janji diucapkan orang dalam kehidupan ini. Di sini Tuhan menghendaki agar kita jangan terlalu mudah berjanji bila kita tak dapat menepati. Atau dengan kata lain, jangan asal berjanji.

Namun sebagai manusia tentulah kita tak luput dari kekurangan dan kelemahan. Kelemahan manusiawi kita sering membuat kita ingkar janji atau melanggar sumpah. Kita jatuh ke dalam dosa. Akan tetapi, kita harus sadar bahwa kita telah ditebus oleh Kristus lewat wafat-Nya. Paulus, dalam suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus, mengatakan bahwa Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia. (ay. 15).

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita senantiasa ingat bahwa kita telah ditebus dan diperdamaikan dengan Allah berkat kematian Yesus. Untuk itu kita dipanggil untuk selalu ingat akan kasih Allah itu sehingga kita tidak dengan begitu mudah jatuh ke dalam dosa. Salah satunya adalah soal ucapan sumpah atau janji. Jagalah selalu ucapan kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar