Sabtu, 08 Juni 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa IX-C

Renungan Hari Sabtu Biasa IX, Thn C/I
Bac I   : Tb 12: 1, 5 – 15, 20; Injil            : Mrk 12: 38 – 44

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk berbuat baik dan menghindari dosa. Dalam bacaan pertama, ajakan ini disuarakan oleh Malaikat Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia (Tb 12: 15). Di sini Rafael berkata bahwa lebih baik doa benar dan sedekah jujur dari pada kekayaan yang didapat dari kejahatan (ay. 8). Bagi Rafael dosa dan kejahatan menjadi seteru bagi hidup sendiri dan mendatangkan penderitaan. Dengan berbuat baik maka akan terhindar (ay. 7).

Dalam Injil Yesus mengajak untuk berbuat baik dan menghindari yang jahat dalam dua kisah. Untuk menghindari yang jahat, Yesus mengajak kita untuk mewaspadai para ahli Taurat. Di sini, secara tidak langsung Yesus juga menghendaki agar kita jangan berlaku seperti mereka. Sedangkan untuk berbuat baik, Yesus mengajak kita untuk meneladani sikap janda miskin.

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita senantiasa berbuat baik kepada sesama dan jangan berbuat dosa. Kita diingatkan bahwa dosa dapat membawa sengsara dan derita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar