Kamis, 20 Juni 2013

Renungan Hari Kamis Biasa XI - Thn I

Renungan Hari Kamis Biasa XI, Thn C/I
Bac I   : 2Kor 11: 1 – 11; Injil       : Mat 6: 7 – 15

Injil hari ini masih merupakan pengajaran Yesus di bukit. Di sini Yesus mengajarkan tentang doa atau berdoa. Bagi Yesus, doa yang baik itu bukan soal kata-kata yang panjang. Doa yang baik itu harus lahir dari HATI. Namun hati yang dimaksud di sini tentulah hati yang bersih-murni. Untuk membersihkan itu mesti ada pertobatan dan pengampunan. Pertobatan diperuntukkan buat kita yang berdoa agar bertobat dari dosa dan kesalahan; pengampunan juga diperuntukan buat kita agar mengampuni orang yang berbuat salah kepada kita. Artinya, tidak ada benci dan dendam.

Dalam bacaan pertama, Paulus mengajarkan tentang pelayanan. Paulus menghendaki agar umat melayani sesamanya dengan hati. Lewat suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus, Paulus mengajar dengan bertitik tolak dari pengalaman dirinya yang melayani jemaat. Karena melayani dengan hati, maka Paulus berusaha agar dirinya tidak menjadi beban bagi orang yang dilayani. Dan lewat pelayanan itu Paulus tetap menunjukkan kerendahan hatinya. Dapatlah dikatakan bahwa pelayanan Paulus dilakukan dengan HATI yang bersih-murni sehingga di sana tidak ada kesombongan dan pamrih.

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita mau menjaga HATI kita agar tetap bersih-murni. Tuhan menghendaki supaya kegiatan dan kehidupan rohani kita bersumber dari HATI yang bersih dan murni. Untuk itu, sangat dibutuhkan pertobatan terus menerus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar