Kamis, 06 Juni 2013

Renungan Hari Kamis Biasa IX-C

Renungan Hari Kamis Biasa IX, Thn C/I
Bac I   : Tb 6: 10 – 11, 7: 1, 9 – 17, 8: 4 – 9; Injil       : Mrk 12: 28 – 34

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara tentang kasih. Bacaan pertama mengangkat tema kasih dalam konteks relasi suami-isteri-Allah. Hubungan suami isteri tidak semata-mata dilihat sebagai penyaluran nafsu birahi, melainkan ungkapan kasih. Dan karena ia merupakan perwujudan kasih, Allah dilibatkan lewat doa. Itulah yang dilakukan Sara dan Tobia. Karena kasih dan perlibatan Allah inilah maka Tobia luput dari kutukan kematian.

Tema kasih dalam Injil menyangkut relasi antar manusia dan dengan Allah. Yesus menekankan bahwa kasih kepada Tuhan dan kepada sesama merupakan hukum terutama. “Tidak ada hukum lain yang lebih utama daripada kedua hukum ini.” (Mrk 12: 31).

Tema kasih mungkin sudah terlalu sering kita dengar. Namun pertanyaannya adalah sejauh mana kita sudah menghayatinya? Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita dapat dan mau berlaku kasih, baik kepada Tuhan maupun kepada sesama. Tuhan tidak akan pernah bosan mengingatkan kita untuk senantiasa mewujudkan kehendak-Nya dalam hal kasih.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar