Rabu, 13 Maret 2013

Renungan Hari Rabu Prapaskah IV-C

Renungan Hari Rabu Prapaskah IV, Thn C/I
Bac I : Yes 49: 8 – 15Injil       : Yoh 5: 17 – 30

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara kepada kita bahwa Allah tidak diam, melainkan tetap terus berkarya. Karya Allah itu demi umat-Nya. Nabi Yesaya, dalam bacaan pertama, menegaskan pesan Allah itu kepada umat Israel. Yesaya memberi perbandingan relasi Allah dengan umat-Nya itu dengan relasi antara seorang ibu dengan anaknya yang tak akan mungkin melupakan apalagi meninggalkan anaknya (ay. 15).

Allah yang tetap berkarya demi manusia itu kembali ditegaskan Yesus dalam Injil hari ini. "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang." (ay. 17). Namun Yesus menambahkan bahwa saat ini Allah bekerja melalui diri-Nya. Pernyataan Yesus ini sekaligus mau menegaskan akan keallahan diri-Nya. Memang banyak orang Yahudi, dalam hal ini para imam, ahli taurat dan kaum Farisi menolak pernyataan Yesus ini.

Sabda Tuhan hari ini selain mau menegaskan akan keallahan Yesus, juga mau meyakinkan kita bahwa Allah tidak tinggal diam. Dulu ada filsuf yang mengatakan bahwa Allah sudah mati. Dengan sabda Tuhan ini, kita diyakinkan bahwa Tuhan tidak mati; Dia masih berkerja. Tinggal saja bagaimana kita mau menanggapi hasil karya-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar