Sabtu, 05 Januari 2013

Renungan Hari Sabtu Natal II-C

Renungan Hari Sabtu Natal II, Thn C/I
Bac I : 1 Yoh 3: 11 – 21; Injil       : Yoh 1: 43 – 51

Setelah panggilan Andreas dan Simon Petrus, Injil hari ini melanjutkan kisah tentang panggilan sebagai murid Yesus. Kali ini yang dipanggil adalah Filipus dan Natanael. Karena itu sangat menarik kalau kita merenungkan sabda Tuhan hari ini dengan bertitik tolak dari kedua tokoh ini.

Ada perbedaan jawaban atas panggilan Yesus kepada dua tokoh ini. Filipus langsung menjawab panggilan Yesus, sementara Natanael mengawalinya dengan sedikit keraguan: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" (ay. 46). Memang, Yesus tidak memanggil secara langsung kepada Natanael, melainkan melalui Filipus. Keraguan Natanael baru sirna setelah ia mengikuti saran Filipus, "Mari dan lihatlah!" (ay. 47).

Perbedaan ini mau menunjukkan bahwa panggilan Tuhan itu tidaklah seragam, melainkan menyesuaikan dengan pribadi manusia. Panggilan Tuhan itu memiliki caranya sendiri untuk tiap individu. Meski caranya berbeda, namun kepada para murid selalu diajak untuk mengenal Yesus secara langsung dengan tinggal bersama-Nya. Untuk itu dibutuhkan keterbukaan hati. Andreas dan Natanael sudah mengalaminya.

Bagaimana dengan kita? Tuhan telah memanggil kita untuk mengikuti-Nya. Apa jawaban kita? Masihkah kita meragukan-Nya? Sungguh dibutuhkan keterbukaan hati untuk menanggapi panggilan Tuhan dengan mau tinggal bersama Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar