Kamis, 10 Januari 2013

Renungan Hari Kamis Biasa Sesudah Epifani

Renungan Hari Kamis sesudah Epifani, Thn C/I
Bac I : 1 Yoh 4: 19 – 5: 4; Injil       : Luk 4: 14 – 22a

Injil hari ini mengisahkan tentang Yesus yang tampil di rumah ibadat untuk membacakan naskah Kitab Suci. Ternyata naskah Kitab Suci yang dibacakan Yesus itu mau menegaskan peran dan tugas Yesus. Dengan jelas naskah Kitab Suci menjelaskan tentang tugas perutusan Yesus "untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Jadi jelas sekali bahwa sabda Tuhan hari ini, lewat Injil Lukas, mau menerangkan tugas perustusan Yesus di dunia ini. Lalu, apa gunanya buat kita? Apakah hanya sekedar tahu saja, dan setelah itu selesai?

Sebagai orang kristen (pengikut Kristus), kita terpanggil untuk ambil bagian dalam tugas perutusan Yesus Kristus itu. Sakramen baptis yang kita terima, bukan saja telah menyatukan kita dengan Yesus secara pribadi, melainkan juga menyatukan kita dengan tugas Yesus. Artinya, kita harus terlibat dalam perutusan itu: memberitakan pembebasan, menyembuhkan orang sakit dan memberitakan tahun rahmat Tuhan.

Karena itu, Injil hari ini mau menyadarkan kita akan tugas perutusan kita. Tuhan menghendaki agar kita senantiasa melaksanakan tugas perutusan itu.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar