Minggu, 20 Januari 2013

Orang Kudus 20 Januari: St. Fabianus

SANTO FABIANUS, PAUS & MARTIR
Fabianus berasal dari Roma. Seturut cerita lisan, Fabianus memiliki sebidang lahan pertanian di dekat kota Roma sebelum pemilihannya menjadi paus menggantikan Paus Santo Anterus (235 – 236). Ia menjadi paus pada tanggal 10 Januari 136 hingga kematiannya pada tanggal 20 Januari 250.

Selama masa kepausannya, Gereja mengalami suatu periode yang relatif tenteram dan aman dari penganiayaan penguasa kekaisaran Roma. Masa aman dan tenteram ini dimanfaatkannya untuk mengatur administrasi Gereja di Roma. Ia membagi kelompok-kelompok umat ke dalam tujuh wilayah gerejani, masing-masing dikepalai oleh seorang diakon. Ia juga mengangkat tujuh orang subdiakon untuk mengumpulkan laporan-laporan tertulis perihal enderitaan para martir dan bertanggung jawab terhadap pemindahan tulang belulang Paus Santo Pontianus dari Sardinia ke pekuburan Santo Kallistus di Roma.

Awal Januari 250, Kaisar Gaius Decius (249 – 251) melancarkan penganiayaan terhadap orang-orang kristen dan tak lama kemudian memerintahkan penangkapan dan penganiayaan atas diri Paus Fabianus. Fabianus meninggal dunia pada tanggal 20 Januari dan dikuburkan di pemakaman Santo Kallistus.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar