Senin, 17 Desember 2012

Renungan Hari Senin Adven III-C

Renungan Hari Senin Adven III, Thn C/I
Bac I : Kej 49: 2, 8 – 10; Injil       : Mat 1: 1 – 17

Injil hari ini berisi silsilah Yesus Kristus. Ada banyak makna yang dapat direnungkan dari silsilah ini. Berkaitan dengan tema menjelang natal, maka makna silsilah ini pun harus dikaitkan dengan natal itu sendiri.

Sebagaimana yang diketahui natal merupakan awal rencana keselamatan dari Allah di bumi. Allah ingin menyelamatkan umat-Nya, seperti yang sudah dijanjikannya sejak zaman Perjanjian Lama. Cara Allah menyelamatkan manusia adalah melalui cara manusia. Yesus merupakan rencana keselamatan Allah untuk manusia. Kehadiran Yesus dalam silsilah itu mau menegaskan bahwa karya keselamatan Allah hadir di dunia dalam diri manusia.

Silsilah yang ditampilkan penginjil Matius menunjukkan adanya kesinambungan. Karena itu, rencana keselamatan Allah terus berlanjut dalam kehidupan manusia. Rencana itu tidak putus.

Apa maknanya bagi kita? Memang kita bukanlah keturunan Israel. Leluhur kita tidak ada sangkut pautnya dengan silsilah tersebut. Namun kita harus yakin bahwa Allah melaksanakan karya keselamatan-Nya dalam kehidupan manusia. Kita bisa menjadi bagian dari rencana-Nya. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan keterbukaan diri kita untuk menerima rencana keselamatan Allah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar