Sabtu, 15 Desember 2012

Renungan Hari Sabtu Adven II-C

Renungan Hari Sabtu Adven II, Thn C/I
Bac I : Sir 48: 1 – 4, 9 – 11; Injil       : Mat 17: 10 – 13

Dalam Injil hari ini Yesus berbicara soal Nabi Elia dan Yohanes Pembaptis, sekalipun penekanan akan Yohanes Pembaptis tidaklah begitu kuat. Di sini Yesus ingin menyamakan kedua tokoh nabi ini. Ini terlihat dari reaksi para murid. "Mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis." (ay. 13).

Akan tetapi yang mau diajarkan Yesus adalah soal sikap orang Israel. Mereka tidak bisa melihat kehendak Allah dalam diri Elia maupun Yohanes Pembaptis. Mereka lebih mengutamakan kehendaknya sendiri. Hal inilah yang disesalkan oleh Yesus.

Sikap seperti orang Israel ini sering kita jumpai dalam kehidupan kita dewasa ini. Tak jarang kita juga menolak kehendak Allah. Kita lebih menuruti kehendak kita sendiri.

Oleh karena itu, melalui Injil hari ini Yesus menghendaki agar kita tidak mengulangi sikap orang Israel itu. Kita dipanggil untuk dapat melihat kehendak Allah, baik dalam Kitab Suci maupun dalam diri sesama kita. Kita musti sadar bahwa Allah menghendaki umat-Nya bahagia. Tak mungkinlah Tuhan menghendaki kita menderita. Namun kepada kita diminta untuk senantiasa mengikuti kehendak-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar