Selasa, 27 November 2012

Renungan Hari Selasa sesudah HR Kristus Raja - Thn II

Renungan Hari Selasa Pekan Biasa XXXIV B/II
Bac I : Why 14: 14 – 20; Injil       : Luk 21: 5 – 11

Dalam Injil hari ini Yesus meramalkan kehancuran Yerusalem sebagai simbolisasi akhir jaman. Memang yang digambarkan itu adalah Bait Allah. Bait Allah merupakan pusat kehidupan orang Israel. Nah, pusat itulah yang hancur. Jika pusatnya hancur, maka yang lainnya juga akan ikut hancur.

Akan tetapi bukan kehancuran itu yang menjadi inti pewartaan Yesus. Kehancuran itu hanyalah sarana Yesus untuk menyampaikan pesannya, yaitu kewaspadaan. Namun kewaspadaan itu bukan pertama-tama diarahkan kepada kehancuran melainkan ditujukan kepada peristiwa-peristiwa yang mengawalinya.

Maksud Yesus dengan ajakan waspada itu adalah agar umat tidak mudah tertipu bahwa kehancuran atau akhir jaman itu segera tiba. "Semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." (ay. 9). Intinya, Yesus memperingati para murid-Nya agar tidak mudah percaya pada suara-suara yang mengatakan bahwa kehancuran itu sudah tiba. "Janganlah kamu mengikuti mereka." Kata Yesus (ay. 8).

Pesan Yesus dalam Injil ini menjadi pesan Yesus buat kita saat ini. Kepada kita juga dialamatkan warta akhir jaman itu. Dan berkaitan dengan akhir jaman itu kita diharapkan untuk tidak mudah percaya pada ramalan-ramalan yang mengatakan bahwa bulan ini atau tahun ini akan terjadi kiamat. Kita diminta untuk tidak percaya pada mereka. Karena orang lain dapat memanfaatkan kepercayaan itu dan menyalahgunakannya untuk kepentingan dirinya sendiri. Akhirnya, kita sendiri yang rugi.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar