Minggu, 25 November 2012

Renungan HR Kristus Raja Semesta Allam - B

Renungan HR Kristus Raja Semesta Alam B/II
Bac I : Dan 7: 13 – 14; Bac II : Why 1: 5 – 8
Injil   : Yoh 18: 33b – 37

Tema bacaan hari ini adalah Raja. Sosok raja dalam bacaan hari ini mengacu pada diri Yesus. Penglihatan Daniel akan Anak Manusia diperjelas oleh Yohanes dalam Kitab Wahyu-nya dengan sosok Yesus. Dan dalam Injil, dalam dialog Yesus dengan Pilatus, tampak jelas penegasan akan diri Yesus sebagai Raja. Namun Yesus menjelaskan bahwa "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini." (ay. 36).

Jadi, bisa dikatakan bahwa semua bacaan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa Yesus adalah Raja. Ini dikaitkan dengan hari ini kita merayakan dirinya sebagai Raja Semesta Alam. Akan tetapi, kita tetap harus menyadari, sekalipun dikatakan bahwa Yesus Kristus adalah Raja Semesta Alam, ke-raja-an-Nya bukan dalam artian politik duniawi, melainkan dalam pengertian spiritual rohani.

Apa pesan Sabda Tuhan hari ini buat kita?

Tuhan menghendaki agar kita menyadari akan ke-raja-an Yesus. Dialah Raja Semesta Alam. Sebagai raja Dia menguasai alam. Kita adalah bagian dari alam. Karena itu, kita juga termasuk hal yang dikuasainya. Akan tetapi, itu pun tergantung pada kesediaan diri kita membuka hati kita.

Karena itulah, lewat sabda-Nya hari ini dan dengan perayaan Kristus Raja Semesta Alam ini, Tuhan mengajak kita untuk mau membuka hati dan diri kita agar Yesus masuk dan merajai diri kita. Tuhan juga mau mengajak keluarga-keluarga katolik untuk bersedia membuka hatinya agar Yesus dapat masuk dan merajai keluarganya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar