Selasa, 09 Oktober 2012

Renungan Hari Selasa Biasa XXVII - Thn II


Renungan Hari Selasa Pekan Biasa XXVII B/II
Bac I  Gal 1: 13 – 24 ; Injil      Luk 10: 38 – 42

Dalam Injil hari ini ditampilkan dua sosok yang menjadi sorotan: Marta dan Maria. Dua wanita ini menampilkan dua aktivitas yang berbeda terhadap Yesus. Marta sibuk melayani, sedangkan Maria duduk manis mendengarkan sabda Yesus.

Atas dua sikap berbeda itu orang memberikan makna sikap hidup doa dan meditatif untuk sikap Maria; dan sikap aktif melayani untuk sikap Marta. Kita akhirnya tahu bahwa Yesus memuji sikap Maria dan “mencela” sikap Marta. Dari sini orang melihat bahwa sikap hidup doa dan meditatif adalah yang terpenting dalam hidup.

Tentulah hal itu tidak dimaksudkan oleh Tuhan lewat sabda-Nya ini. Tuhan tetap menghendaki adanya keseimbangan antara sikap melayani dan sikap doa meditatif. Dalam Injil ini memang terlihat bahwa prioritas ada pada sikap doa meditatif. Ini bisa dimengerti jika kita melihat konteksnya.

Yesus waktu itu hanya mampir sebentar di rumah Marta dan Maria. Mungkin tujuannya hanya melihat keadaan mereka, setelah itu Yesus dan rombongan melanjutkan perjalanan. Selain itu juga waktu Yesus di dunia tidaklah lama. Nah, dalam waktu yang serba singkat ini Yesus melihat tidak perlu merepotkan diri dengan urusan-urusan yang kurang penting.

Lewat Injil-Nya ini Tuhan menghendaki agar kita senantiasa belajar untuk melihat prioritas dalam hidup kita. Prioritas itulah yang hendaknya dikerjakan. Tuhan tidak menghendaki agar prioritas lain mengalahkan prioritas utama kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar