Jumat, 16 Desember 2022

TINJAUAN LOGIS ATAS KATA GANTI ALLAH DALAM SURAH AR-RAD

 


Dewasa ini, jika dikatakan Al-Qur’an tentulah orang langsung memahaminya sebagai kitab suci umat islam yang bertuliskan bahasa Arab, yang terdiri dari 114 surah. Al-Qur’an merupakan pusat spiritualitas umat islam. Ia dipercaya sebagai wahyu Allah yang disampaikan langsung kepada nabi Muhammad SAW (570 – 632 M). Jadi, konteks keseluruhan ayat Al-Qur’an adalah Allah berbicara dan Muhammad mendengar. Apa yang didengar Muhammad inilah yang kemudian ditulis, dan akhirnya menjadi Al-Qur’an. Karena itu, apa yang tertulis di dalamnya dipercaya sebagai kata-kata Allah. Kepercayaan ini didasarkan pada perkataan Allah sendiri yang banyak tersebar dalam Al-Qur’an. Dengan perkataan lain, umat islam percaya bahwa kitab sucinya merupakan wahyu Allah karena Allah sudah mengatakan demikian dalam kitabnya. Hal inilah yang membuat umat islam menaruh hormat yang tinggi pada Al-Qur’an. Penodaan terhadap Al-Qur’an dilihat sebagai penodaan terhadap Allah sendiri, dan orang yang melakukan itu harus dibunuh. Ini merupakan perintah Allah, yang tertuang dalam Al-Qur’an sendiri (QS al-Maidah: 33).

Surah ar-Rad merupakan surah ketigabelas dalam kitab Al-Qur’an. Surah ini masuk dalam kelompok surah makkiyyah, artinya wahyu Allah yang turun saat Muhammad berada di Mekkah. Tidak ada info pasti kira-kira tahun berapa wahyu Allah ini turun. Surah ar-Rad hanya terdiri dari 43 ayat. Sekalipun terbilang pendek, dapat dipastikan ke-43 ayat ini tidaklah turun sekaligus. Artinya, Allah tidak langsung menyampaikan kepada Muhammad ke-43 wahyu-Nya ini. Bisa saja Allah menyampaikannya dalam 2 tahap, bisa juga lebih. Tidak ada yang tahu pasti.

Seperti surah-surah lainnya, dalam surah ar-Rad ini Allah memakai beberapa kata ganti, yang dimaknai sebagai Allah. Selain kata “Allah” sendiri, digunakan juga kata ganti “Kami”, “Dia” dan “Aku”. Jika ditelusuri dengan mata manusiawi, kata “Kami” ada 8 ayat, kata “Dia” ada 12 ayat, dan hanya ada 1 ayat dengan kata “Aku”. Ayat selebihnya ada yang menggunakan kata “Allah” ada juga yang sama sekali tidak memakai kata ganti apa pun karena memang tidak ada penggambaran peran Allah di dalamnya. Penggunaan kata-kata ganti ini bervariasi. Misalnya, pada ayat awal dipakai kata “Allah”, lalu dua ayat berikutnya pakai “Dia” untuk menunjukkan pengganti kata “Allah” di depannya. Beberapa ayat kemudian bisa saja memakai kata “Kami”, bisa juga kembali lagi ke “Allah”. Begitulah seterusnya. Terlihat pemakaian 3 kata ganti ini selalu berselang-seling. Gambaran seperti ini terulang berkali-kali sepanjang surah ar-Rad. Dalam tulisan ini akan ditampilkan penggunaan ketiga kata ganti tersebut pada ayat 30 – 43.

Sengaja diambil 14 ayat terakhir dari wahyu Allah ini karena sangat menarik untuk ditelaah. Di sini sangat terlihat tiga kata ganti yang ditafsirkan sebagai Allah dipakai secara bergantian. Harap diingat, semuanya diucapkan oleh Allah. Pada ayat 30 Allah menggunakan kata “Kami” untuk menggambarkan diri Allah, dan pada ayat 31 Allah memakai kata “Allah”. Yang menarik pada ayat 32 Allah memakai kata “Aku” untuk menyebut diri Allah, dan dalam ayat 33 – 35 kembali Allah menggunakan kata “Allah”, namun pada ayat 36 – 38 Allah menggunakan kata "Kami”. Pada ayat 39 Allah menggunakan kata “Dia” untuk menggambarkan diri Allah, dan pada ayat 40 – 41 Allah kembali memakai kata “Kami”, namun ayat 42 kembali digunakan kata “Dia”. Dalam ayat 43 sama sekali tidak ada ketiga kata ganti dan juga kata “Allah”.

Demikianlah pemaparan penggunaan ketiga kata ganti untuk Allah dalam ayat 30 – 43. Haruslah dipahami bahwa ini semua diucapkan oleh Allah; dan Allah itu hanya ada satu. Lucu bukan?

Apa yang bisa disimpulkan dari pemaparan ini? Melihat variasi penggunaan kata ganti untuk Allah dalam surah ar-Rad ini bisa dikatakan betapa kacau balaunya bahasa Allah. Padahal Allah itu diyakini maha sempurna. Di sini sudah terlihat jelas 3 hal, yaitu betapa Allah islam tidak konsisten, Allah islam tidak jelas dan/atau Allah islam lebih dari satu, karena “aku”, “kami” dan “dia” adalah 3 entitas yang berbeda. Bagaimana mungkin Allah yang satu (dan otomatis sama), ketika berbicara lain waktu menggunakan kata “Kami”, lain waktu pakai kata “Dia”, dan waktu lain pakai kata ganti “Aku”. Kata “dia” itu merujuk pada sosok pribadi lain selain “aku”. Dengan kata lain, “dia” itu berbeda dengan “aku”.

Jika ayat-ayat dengan kata ganti itu ditempatkan pada konteksnya, yaitu Allah berbicara dan Muhammad mendengar, maka akan terlihat jelas bahwa Allah islam lebih dari satu. Ayat yang menggunakan kata ganti “Aku” menunjukkan bahwa Allah yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Allah yang berbicara. Ayat yang menggunakan kata ganti “Dia” menunjukkan bahwa Allah yang berbicara sedang menyebut Allah yang lain. Artinya, Allah yang disebut atau yang terkandung dalam kata ganti “Dia” tidak sama dengan Allah yang sedang berbicara. Ayat yang menggunakan kata ganti “Kami” menunjukkan bahwa Allah yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Allah yang berbicara dan juga Allah lain yang disebutkan dalam penggunaan kata “Dia”. Dengan demikian Allah ada DUA.

Menghadapi kekacauan ini, tak sedikit ulama islam berasionalisasi bahwa beberapa ayat dalam surah ar-Rad tidak sepenuhnya langsung perkataan Allah, melainkan dari Jibril, yang diyakini sebagai utusan Allah. Artinya, wahyu Allah dalam surah ar-Rad tidak hanya didengar Muhammad dari Allah saja, tetapi juga dari Jibril. Dengan demikian haruslah dikatakan bahwa surah ar-Rad tidak sepenuhnya merupakan wahyu yang langsung dari Allah, karena ternyata Allah menyampaikan wahyu-Nya melalui perantara. Namun umat islam percaya sumber wahyu itu satu, yakni dari Allah. Hanya wahyu itu ada yang disampaikan Allah, dan ada juga yang disampaikan Jibril. Pertanyaannya adalah ayat mana saja yang langsung dari Allah, dan ayat mana saja yang berasal dari Jibril? Mungkin ayat yang menggunakan kata “Dia” dipercaya merupakan perkataan Jibril, dan kata “Aku” merupakan perkataan Allah. Dengan ini bisa dipahami bahwa kata “Kami” merujuk pada Allah dan Jibril. Menjadi persoalan, ayat tersebut diucapkan oleh Allah atau Jibril? Siapapun yang mengucapkannya, jika memang demikian, ada kesetaraan antara Jibril dengan Allah. Bukankah ini berarti sudah mempersekutukan Jibril dengan Allah?

Dan apakah benar wahyu yang disampaikan Jibril itu asli perkataan Allah? Ingat, status Jibril adalah utusan. Dia hanya menyampaikan kata-kata Allah yang mengutusnya. Secara logika dan juga linguistik perkataan Jibril yang dalam ayat memakai kata ganti “Dia” bukanlah asli kata-kata Allah yang disampaikan Jibril, melainkan kata-kata Jibril sendiri. Jika yang diucapkan Jibril itu sungguh kata-kata Allah, maka setidaknya ada 2 rumusan redaksinya, yaitu:

1.    “Allah berfirman: ….” Dan ini harus sudah terlihat di awal sebelum penggunaan kata ganti “Kami”. Selain itu, kata ganti untuk Allah yang digunakan Jibril adalah “Aku”, bukan “Dia”.

2.    Allah berfirman bahwa ……” Di sini kata ganti untuk Allah yang digunakan Jibril adalah “Dia”, bukan “Aku”.

Dengan demikian rasionalisasi ulama islam sama sekali tidak mendasar. Pemunculan sosok Jibril sama sekali tidak memecahkan kekacauan, tetapi justru tetap membuat kacau. Karena itu, haruslah dikatakan surah ar-Rad tidak sepenuhnya merupakan wahyu Allah, tetapi rekayasa Muhammad. Muhammad-lah yang menciptakan wahyu Allah. Kata-kata Muhammad diletakkan di mulut Allah, sehingga seolah-olah itu adalah perkataan Allah. Ini seakan menegaskan kembali apa yang pernah dikatakan orang kafir di Mekkah pada masa Muhammad, bahwa Al-Qur’an merupakan rekayasa Muhammad (QS al-Anbiya: 5).

Lingga, 21 Agustus 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar