Rabu, 25 Agustus 2021

INILAH MINAT UMUM PADA ANAK-ANAK

 


Minat adalah sesuatu yang menarik untuk dinikmati. Setiap pribadi orang tentulah mempunyai minat tertentu, entah minat itu positif maupun negatif. Anak-anak juga mempunyai minat tertentu, yang perlu diketahui oleh para orangtua. Elizabeth B. Hurlock, dalam buku edisi kelimanya yang berjudul “PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”, memaparkan beberapa minat pada akhir masa kanak-kanak.

Penampilan

Anak yang lebih besar akan diminati oleh orang lain hanya kalau ia begitu berbeda dari teman-teman sebayanya sehingga ia merasa menarik perhatian.

Pakaian

Anak menaruh minat pada pakaian baru, tetapi harus sama dengan apa yang dipakai teman-temannya. Ia juga menyukai warna-warna pakaian yang tertentu.

Nama dan Julukan

Nama awal diminati hanya kalau berbeda dengan nama teman-temannya atau kalau ia merasa menarik perhatian orang dengan namanya. Karena nama keluarga dan nama tengah jarang digunakan, anak hanya menaruh minat bila nama menggolongkannya dengan kelompok rasa tau agama yang dikenai prasangka. Kalau anak menyadari bahwa nama julukan yang diberikan teman-teman mencerminkan penilaian teman-teman, ia tidak menyukai nama julukan yang berupa cemoohan.

Agama

Minat anak yang mengikuti sekolah Minggu berkurang, tidak lagi seperti sebelumnya, meskipun anak masih senang bertemu dengan teman-teman. Namun anak seringkali meragukan pelajaran agama dan kemanjuran doa.

Tubuh Manusia

Karena tidak dapat mengamati fungsi-fungsi tubuh secara langsung, anak berusaha memuaskan keingintahuannya tentang apa yang terjadi di dalam tubuh dengan bertanya, membaca buku atau melihat gambar-gambar.

Kesehatan

Minat terhadap kesehatan tubuh hanya kalau anak sakit atau menderita penyakit kronis, seperti asma. Anak laki-laki menganggap minat ini sebagai tanda seorang banci.

Seks

Anak ingin mengetahui lebih dalam mengenai hubungan antara kedua jenis seks, peran ayah dalam reproduksi dan proses kelahiran. Anak berusaha memperoleh informasi dari buku-buku atau teman-teman yang dengannya mereka saling bertukar cerita-cerita yang “kotor” dan pelbagai lelucon.

Sekolah

Umumnya anak pada mulanya bergairah ke sekolah. Pada akhir kelas dua, banyak yang merasa bosan, mengembangkan sikap menentang dan kritis terhadap tugas-tugas akademis, meskipin anak masih menyukai kegiatan non-akademis. Sikap anak sangat dipengaruhi oleh menarik atau tidaknya cara guru menyajikan bahan yang harus dipelajari dan bagaimana ia memandang bahan-bahan ini dalam kaitannya dengan pekerjaan di masa depan.

Pekerjaan Masa Depan

Awal minat tentang pekerjaan masa depan berkisar pada pekerjaan-pekerjaan yang dianggap sangat mempesonakan, mengasyikkan dan yang bergengsi atau melibatkan kegiatan-kegiatan atau seragam yang baginya terasa penting. Anak kurang mempertimbangkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Simbol Status

Bila anak melihat dan merasakan pentingnya status sosioekonomi, maka mereka akan menaruh minat besar terhadap simbol-simbol nyata status sosioekonomi keluarganya, seperti mobil atau rumah besar.

Otonomi

Berapa besar minat akan otonomi anak terutama bergantung pada berapa besar otonomi yang dimiliki taman-tamannya. Biasanya anak puas bila terdapat persamaan atau sediki lebih banyak daripada teman-temannya.

diambil dari tulisan 7 tahun lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar