Selasa, 22 September 2020

MENGENAL KEPRIBADIAN DARI POSISI DUDUK


Patut diakui bahwa kepribadian seseorang terpantul dalam perilaku sehari-hari. Hal inilah yang melahirkan ilmu yang mempelajari bahasa tubuh. Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan hingga postur dan gerakan tubuh. Dengan kata lain, bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non-verbal.
Dr. Paul Eckman, seorang ahli bahasa tubuh, mengungkapkan bahwa bahasa tubuh mencerminkan bagaimana kepribadian seseorang. Salah satu bentuk bahasa tubuh adalah posisi duduk. Berikut ini ditampilkan 5 posisi duduk (perhatikan gambar di bawah). Umumnya lima posisi ini dimiliki oleh kaum perempuan, namun tidak tertutup kemungkinan ungkapan bahasa tubuh ini terdapat juga pada kaum pria. Hanya perlu disadari bahwa posisi duduk dalam gambar tidak harus dimaknai orang duduk dengan posisi tersebut selamanya. Apa yang ditampilkan dalam gambar merupakan posisi yang lebih dominan. Bisa saja seseorang, dalam sekejap berganti posisi lain.
Berikut ini gambaran kepribadian dari posisi duduknya.

Posisi 1. Orang yang secara teratur duduk dengan posisi ini menunjukkan kepribadian yang jujur dan dapat dipercaya. Karena itu, orang ini selalu dibutuhkan orang lain untuk diajak bicara, karena ia mempunyai ketrampilan mendengarkan dan motivator yang hebat. Kepribadian lain yang muncul dari sikap duduk seperti posisi 1 ini adalah agak aneh, spontan dan mempunyai selera humor yang tinggi.
Posisi 2. Orang yang duduk dengan posisi ini menunjukkan kepribadian pendiam dan selalu hati-hati dalam mencari orang yang dapat dipercaya. Jika lutut lurus ke depan, mengarah ke lawan bicara, itu berarti adanya kejujuran, namun jika lutut mengarah yang lain menunjukkan bahwa orang tersebut merasa tidak nyaman dalam percakapan. Sikap duduk dengan posisi ini cenderung menjadi profesional yang ambisius, bersemangat dan memiliki status tertentu dalam karier. Sekalipun sulit beradaptasi, orang ini tetap berdiri kuat dalam keyakinan. Meski tidak selalu bersedia untuk terus menerus berada di sekitar orang lain, orang yang duduk dengan posisi 2 akan tetap membantu mereka yang benar-benar membutuhkannya.
Posisi 3. Duduk dengan posisi 3 adalah orang yang cenderung berkepribadian ramah, santai dan senang dengan kehidupannya. Lutut yang terbuka menandakan kejujuran dan keterbukaan, sementara kaki yang berdekatan menunjukkan sensitivitas dan sikap introver. Orang ini dapat diandalkan, sangat disukai orang lain karena mudah bergaul dengan siapa saja. Kecerdasan emosionalnya tinggi sehingga memungkinkan orang lain dapat memahaminya dan membuatnya bisa berbelas kasih terhadap orang lain.
Posisi 4. Orang yang dominan duduk dengan posisi 4 adalah orang yang lurus ke depan, jujur, yang bisa bersikap lembut, santun dan pendiam serta tidak suka bertela-tele. Orang ini mempunyai kepribadian cerdas dan bertanggung jawab, meski cenderung perfeksionis. Selain itu, orang dengan posisi duduk seperti ini bukanlah penggemar obrolan ringan, meski penuh kompromi. Orang ini suka menghabiskan banyak waktu di alam, terlebih di pantai.
Posisi 5. Posisi duduk seperti ini menunjukkan orang yang bergairah, intim dan mengikuti hatinya jika memungkinkan. Fokus batin kuat dan mencerminkan keraguan untuk membuka hati sepenuhnya kepada orang lain. Meskipun demikian, dia adalah orang yang tepat untuk dijadikan teman dekat karena ia orang yang santai tapi bersemangat, tenang namun berjiwa kuat serta mudah tersenyum dengan api cinta yang penuh. Orang ini mempunyai imajinasi yang indah, berorientasi pada tujuan.
diolah kembali dari Suara Lifestyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar