Selasa, 28 April 2020

INI ALASAN UNTUK MELUPAKAN MANTAN KEKASIH


Hampir setiap orang pernah mengalami masa pacaran. Karena itu, bisa dibilang bahwa hamper setiap orang punya pacar. Pacaran merupakan bagian dari kehidupan manusia. Setiap manusia tentulah pernah merasakan dan menjalani masa pacaran. Pacaran bisa menjadi batu loncatan ke jenjang pertunangan atau bahkan pernikahan. Akan tetapi, tak sedikit juga mereka yang pacaran mengalami kegagalan.
Putus saat pacaran adalah wajar dan biasa. Setiap masa pacaran selalu terbuka peluang untuk putus. Tidak ada yang langgeng dalam berpacaran. Putus saat pacaran biasanya disebabkan karena tidak ada kecocokan hati. Adalah lebih baik putus saat pacaran, ketimbang putus setelah menikah, apalagi bila menikah dalam Gereja Katolik. 
Akan tetapi, ada yang merasa sulit untuk menerima kenyataan putus pacaran. Mungkin relasi pacarannya sudah terlanjur intim. Misalnya, sudah melakukan hubungan seks, atau bahkan sudah hamil. Karena itu, tak sedikit orang yang mengalami diputus-cinta oleh kekasih menempuh jalur nekat seperti bunuh diri.
Mantan kekasih terkadang sulit untuk dilupakan, mantan kekasih terkadang selalu membayangi hidup. Semakin kita ingin melupakan mantan kekasih maka akan semakin sulit kita untuk melupakannya. Ada banyak alasan kenapa kita sulit untuk melupakan mantan kekasih. Masa-masa indah bersama mantan kekasih biasa akan selalu terbayang dalam ingatan. Namun melupakan mantan kekasih mempunyai nilai positif.

Ada 5 alasan lebih baik kenapa harus berani mengambil keputusan untuk melupakan mantan kekasih.
1. Demi Kesehatan Mental
Secara mental mungkin kita akan tertekan karena secara terus-menerus memikirkan mantan. Ketenangan dan kedamaian mental sangat penting dalam kehidupan. Ketika mental ‘terganggu’ maka kita tidak bisa berkonsentrasi untuk kegiatan lainnya. Jadi, melupakan mantan dan bisa melanjutkan hidup bisa menyeimbangkan mental kita.
2. Produktivitas
Memikirkan mantan secara konstan seperti virus pada komputer. Terus memikirkan mantan, maka akan berpengaruh pada kreativitas dan produktivitas kita. Hal itu bisa membuat kita tidak bisa bekerja, tidak nyenyak tidur, bahkan sulit tersenyum.
3. Motivasi
Motivasi dan gairah hidup kita bisa menurun ketika masih terus membayangkan mantan. Memikirkan mantan, bisa membuat pikiran kita menjadi negatif, karena kita hanya memikirkan masa lalu. Berpikir kehidupan ke depannya jauh lebih bermanfaat daripada merenung tentang perpisahan kita.
4. Agar Bisa Lebih Bahagia
Serotonin merupakan bahan kimia yang disekresi setiap kali kita memikirkan hal-hal baik. Mengingat saat terbaik kita atau membayangkan masa depan yang indah lebih bermanfaat bagi kesehatan. Di sisi lain, kita harus berjuang membuat pikiran positif. Untuk itu, jangan terus ratapi perpisahan kita dan mantan.
5. Agar Terhindar dari Depresi
Kehilangan seseorang yang masih kita cintai, mungkin membuat kita merana. Kesedihan yang berkepanjangan bisa membuat kita depresi. Depresi pun dapat menghancurkan hidup kita, tidak jarang kita mendengar kasus seseorang bunuh diri karena patah hati. Untuk mencegah itu semua, maka kita perlu, membuka lembaran baru pada hidup kita. Bergaullah dengan teman-teman kita, sibukkan diri dan melakukan hobi yang kita sukai, agar pemikiran tentang mantan bisa teralihkan.
DEMIKIANLAH 5 manfaat melupakan mantan pacar. Sekalipun romantisme masa pacaran dulu begitu indah sehingga sulit dilupakan, namun ketika kita menghadapi kenyataan putus cinta, maka kita dituntut untuk move on. Hidup kita terus bergerak maju. Karena itu, janganlah suka berpaling ke masa lalu. Memang kegagalan masa lalu dapat dijadikan pelajaran untuk kehidupan di masa depan. Dan untuk bisa menatap masa depan dengan baik, maka persoalan mantan pacar ini harus benar-benar dilupakan.
diolah kembali dari tulisan 8 tahun lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar