Rabu, 09 September 2020

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN AIR PUTIH, INI CARANYA


Tak sedikit orang mempunyai masalah dengan berat badan. Berbagai cara dan upaya telah dilakukan untuk memperoleh berat ideal. Namun sayang banyak orang lupa kalau ternyata air putih bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Seperti dilansir oleh Healthline, 30 – 59 persen orang dewasa di Amerika Serikat berkurang berat badannya setelah minum air putih.
Meski begitu, kita tak bisa sembarangan minum air putih. Konsumsi yang berlebihan hanya akan membuat kita over dehidrasi dan tentunya sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Berikut ini cara minum air putih yang berguna untuk menurunkan berat badan.
Jika mengalami hal tersebut, segera periksa ke dokter. Saat terjadi keracunan makanan, ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu mengontrol rasa mual dan muntah, serta menjaga agar tubuh tidak dehidrasi.
1.    Minumlah sebelum makan
Konsumsi air putih akan mengendalikan nafsu makan. Dengan minum air putih kita akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang dikonsumsi akan berkurang. Dilansir dari WebMD, minum air putih sebelum makan mengurangi asupan makanan sebanyak 75 kalori. Adapun jika rutin dilakukan, kita bisa mengurangi konsumsi kalori sebesar 27.000.

2.    Gantikan konsumsi minuman yang mengandung kalori dengan air putih
Mulailah tinggalkan konsumsi jus kemasan, soda dan teh kotak yang mengandung banyak kalori. Selain bikin berat badan bertambah, konsumsi minuman tinggi kalori dan gula akan meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.
3.    Tambahkan air putih dengan irisan lemon
Sebagai variasi untuk air putih, kita bisa menambahkan irisan lemon. Kandungan pektin dalam lemon juga bisa membuat kita mengurangi konsumsi makanan berlebih. Cobalah beberapa minggu dan lihat khasiatnya.
4.    Minum air dingin juga mampu membuat tubuh bekerja keras sehingga membakar lebih banyak kalori
Minum air es juga membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan air. Dengan begitu, tubuh kita akan membakar kalori lebih sehingga berat badan akan turun. Belum lagi air dingin lebih segar daripada air putih biasa.
5.    Padukan dengan latihan atau olahraga
air putih juga berguna untuk mencegah kram otot dan melumasi sendi. Dengan begitu kita bisa berolahraga lebih lama. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu menurunkan berat badan
6.    Pastikan kita minum dengan cukup
Jika kita benar-benar ingin menurunkan berat badan, minimal kita perlu minum air putih delapan gelas atau 2 liter per hari. Kita bisa menambah jumlah air putih yang perlu diminum jika kita banyak beraktivitas atau berolahraga yang membuat kita berkeringat. Adapun cara termudah untuk mengetahui apakah kita cukup minum atau tidak adalah dengan melihat air seni kita. Lihatlah apakah warnanya bening atau kuning muda. Jika warnanya bening berarti jumlah air putih dalam tubuh kita sudah cukup.
7.    Pastikan kita dalam keadaan sehat dan tidak sedang mengalami gangguan makan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minum air putih membuat konsumsi makanan kita berkurang. Karena itu, kita perlu memastikan apakah kita sedang mengalami gangguan makan. Ingatlah bahwa tubuh kita memerlukan banyak nutrisi. Selain itu kita tak sebaiknya melakukan diet air putih jika kita sudah kekurangan berat badan.
DEMIKIANLAH 7 langkah mengurangi berat badan dengan menggunakan air putih secara tepat. Namun perlu diperhatikan agar hal ini jangan dilakukan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan selalu berujung pada hal yang tidak baik.
diolah dari Varriety Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar