Rabu, 27 Maret 2019

GADGET & MEDSOS, ANTARA MANFAAT DAN MUDARAT


Sekarang ini sepertinya sulit menemukan manusia yang bebas dari teknologi. Salah satu bentuk teknologi adalah kehadiran gadget yang menjadi batu loncatan bagi kehadiran media sosial. Tentulah anak-anak muda, yang dikenal dengan istilah generasi milenial, sudah tak asing lagi dengan media sosial. Akan tetapi, kehadiran gadget dengan media sosialnya ini bukan tanpa masalah.
Hal inilah yang dibahas blog budak-bangka dua tahun lalu, persisnya pada 27 Maret 2017, lewat judul tulisan: “OMK dan Media Sosial”. Tulisan tersebut, seperti yang diungkapkan dalam catatan awal, merupakan bahan yang disampaikan kepada kaum muda katolik. Tulisan tersebut merupakan refleksi penulis terhadap beberapa kasus dan persoalan yang timbul akibat adanya media sosial. Namun bukan berarti penulis hendak mengajak kaum muda menjauhi media sosial dan anti terhadap teknologi (gadget). Di samping itu, tulisan tersebut dapat juga dikenakan kepada semua kaum muda, tanpa mengenal batasan suku, agama, ras maupun golongan.
Tulisan dua tahun lalu itu dikemas dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana dan ringan. Tulisan tersebut tidaklah semata-mata hasil refleksi penulis, seolah-olah didapat dari wangsit. Penulis mengawali refleksinya berangkat dari data-data. Dari data tersebut penulis menampilkan beberapa keanehan yang real. Kemudian penulis menyajikan dua akibat dari adanya gadget dan media sosial. Akhirnya, penulis memberikan beberapa tawaran sebagai penutup tulisannya.
Nah, apa tawaran dari tulisan tersebut? Seperti apa 2 akibat buruk dari gadget dan media sosial? Apa saja keanehan yang nyata itu? Apa saja data-data yang digunakan dalam tulisan itu? Untuk mengetahui semua jawaban ini, langsung saja klik dan baca di sini. Selamat membaca!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar