Sabtu, 30 Januari 2016

Orang Kudus 30 Januari: St. Yasinta Mariscotti

SANTA YASINTA MARISCOTTI, PENGAKU IMAN
Yasinta Mariscotti lahir pada tahun 1585 di dekat Viterbo, Italia. Ia adalah puteri dari Marc Antonio Mariscotti dan Ottavia Orsini. Yasinta dibaptis dengan nama Clarice. Ia memperoleh pendidikan pada biara Fransiskan. Dari sini ia kemudian bergabung dalam ordo ketiga Fransiskan di biara St. Bernardine di Viterbo. Yasinta mengikuti saudaranya yang sudah lebih dahulu bergabung.
Pada masa itu Yasinta masih hidup penuh dengan kemewahan duniawi, baik dalam hal makanan, pakaian atau juga barang-barang lainnya. Suatu ketika Yasinta jatuh sakit, dan seorang imam hendak memberinya komuni. Ketika mendengarkan pengakuan Yasinta, imam itu sangat terkejut sehingga ia menegur keras Yasinta.
Yasinta mengikuti kata-kata bapa pengakuannya dan menyingkirkan segala hal duniawi yang ia miliki. Yasinta melakukan pertobatan keras dengan hidup menderita, seperti berjalan tanpa alas kaki, dan tidur di atas papan. Yasinta juga berdevosi terhadap penderitaan Kristus, dan dengan pertobatannya, ia menjadi teladan bagi para biarawati di biaranya.
Yasinta mendirikan kelompok Sacconi yang mendedikasikan karyanya bagi orang-orang lanjut usia dan orang miskin. Yasinta Mariscotti meninggal dunia pada tahun 1640 di Viterbo, Italia. Pada 1 September 1726 ia dibeatifikasi oleh Paus Benediktus XIII, dan pada 24 Mei 1807 ia dikanonisasi oleh Paus Pius VII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar